5 Alasan Kenapa Anda Harus Memulai Gaya Hidup Sehat Sekarang juga!

Punya gaya hidup sehat merupakan dambaan dari setiap orang, namun terkadang hal itu hanya akan menjadi cita-cita yang abadi tanpa dapa tercapai.

Bukan karena sulit untuk dilakukan, tapi gaya hidup sehat ini membutuhkan suatu komitmen serta disiplin yang tinggi. Maka dari itu tidak jarang banyak dijumpai orang yang justru kesulitan untuk dapat menjalankannya.

Barbagai alasan seringkali menjadi penyebab dari sulitnya untuk mejalani gaya hidup dari seseorang. Akan tetapi pada dasarnya, kita terlalu mempunya target yang terlalu tinggi serta kita tak kunjung melakukannya.

Baca juga : Tarif BPJS Kesehatan Terbaru Tahun 2017

Padahal apabila kita menjalankan gaya hidup sehat ini dengan benar dan tepat, maka hal tersebut akan memberikan banyak sekali manfaat bagi kita. Hal tersebut dapat memperbaiki berbagai hal penting di dalam diri kita, bahkan juga dapat memperbaiki keunagan dan juga tidak kalah penting adalah kesehatan.

Kita tak perlu melakukannya dengan cara yang ekstrem, sebenarnya kita dpaat melakukannya dengan cara mudah dan sederhana.

Dimana semua kebiasaan yang kita milikilah yang harus kita ubah kearah yang lebih baik lagi. Dengan cara tesebut maka, secara tidak sadar gaya hidup sehat tersebut akan terbentuk dengan sendirinya di dalam diri kita dan akan memberikan manfaat maksimal bagi kita.

Simak 4 alasan berikut ini, mengapa hidup sehat dapat mejadi sahabat bagi keuangan kita :

1. Menghemat Biaya untuk Makan dan Juga Kesehatan

Biaya makan yang dikeluarkan tiap bulan tentu sangat banyak, untuk itu gaya hidup sehat dapat mengontrol biaya yang harus dikeluarkan untuk makan sehari-hari (gambar : ummi-online.com)

Berapa jumlah uang yang kita keluarkan untuk membeli berbagai makanan olahan ataupun junk food dalam satahunnya?

Bila kita hitung jumlanya pasti kita tak bisa percaya akan jumlahnya, hal ini disebabkan kita akan lebih banyak menghabiskan uang kita ketika mengkonsumsi makanan seperti itu, apabila kita bandingkan ketika kita mengkonsumsi makanan sehat.

Tapi bukan hanya saja itu saja, makanan olahan seperti : sosis, nugget, dan makanan lainnya, justru akan berdampak kurang baik bagi kesehatan kita, bahkan kandungan gizi didalamnya juga tidak cukup bagus untuk tubuh kita.

Hal ini akan berbeda ceritanya apabila kita mempuyai kebiasaan untuk menjalankan gaya hidup sehat. Kita beralih kepada makanan segar organik yang mana berupa sayur serta buah-buahan, yang akan lebih abik bagi kesehatan tubuh kita.

Baca juga : 8 Pertanyaan Interview Kerja Paling Umum

Kandungan gizi yang akan diberikan oleh makanan organik ini akan sangat baik bagi kesehatan. Dimana kita akan mempunyai kesempatan yang lebih besar agara menjadi lebih sehat serta bugar tiap harinya.

Gaya hidup sehat ini akan membuat kita untuk memulai hari yang lebih baik lagi, dimana kondisi kesehatan kita akan berada di level yang sangat prima. Hal ini tentunya akan sangat menghemat banyak uang kita, karena kita tak lagi membutuhkan sejumlah penanganan kesehatan.

2. Hemat Uang untuk Belanja Baju

Dengan berat badan ideal, kita jadi tidak sering gonta-ganti baju (gambar : belanjabijak.web.id)

Banyak orang yang akan mempunyai masalah di dalam berat badannya, terutama bagai mereka yang mempunyai sifat malas untuk berolahrga, wlaaupun begitu mereka mempunyai selera makan yang cukup besar dan sulit mengontrolnya.

Pada umumnya, pertambahan usia sering kali membuat seseorang mempunyai berbagai kebiasaan yang cukup mengejutkan, salah satunya adalah bertambahnya selera makan yang mana diiringi dengan malasnya untuk berolahraga.

Dengan kedua hal tersebut, maka akan cenderung menaikkan berat badan dari bulan kebulan. Bila hal tersebut memang terjadi, maka besar kemungkinan bahwa kita harus mengalokasikan dana yang lebih untuk membeli pakaian baru untuk tiap bulannya. Yang mana pakaian baru tersebut akan mempunyai perbedaan ukurannya.

Jadi kita jangan mebiasakan diri untuk “manja” dan bermalas-malsan berolahrga. Hal ini dikarenakan bukan hanya masalah kesehatan saja, tapi juga masalah keuangan yang akan mengikuti kebiasan buruk tersebut.

Baca juga : 5 Peluang Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Kita harus berupaya untuk menjaga berat badan kita, ini bukan hanya masalah menghemat saja, tapi juga berkaitan dengan menjaga kesehatan kita agar tetap stabil. Lakukanlah olahraga secara rutin, gara tubuh kita menjadi lebih bugar dan sehat lagi, tentu hal ini bukanlan sebuah hal yang sulit untuk dilakukan.

Oh iya ada tips sedikit, saat kita ingin membeli baju kita upayakan agar membeli pakaian dengan model yang selalu tren “sepanjang masa”. Hal ini agar dapat kita pakai dalam jangka waktu yang cukup lama. Dengan kebiasaan menjalankan gaya hidup sehat ini akan menghemat uang yang cukup banyak.

3. Mengurangi Kebiasaan Buruk dan Rasa Bersalah

Menghilangkan kebiasaan buruk (gambar : usefulhabitshq.com)

Bila orang dalam keadaan sehat maka akan mempunyai beberapa energi posistif yang mana dapat digunakan untuk berbagai aktivitas.

Hal tersebut akan menjadikan badan serta pikiran kita bugar serta prima lagi. Hal itu juga akan berdampak posistif juga pada pekerjaan kita karena dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya.

Akan tetapi bila seseorang punya berbagai kebiasan buruk, maka umumnya merak akan kesulitan utnuk menjaga fokus atau bahkan hanya sekedar beristirahat dengan cukup.

Beberapa orang pasti tidak menyadari efek negatif dari kebiasaan merokok, begadang, menimun alkohol, dan lain sebagainya, akan berakibat pada sulitnya tidur sehingga kita akan sealalu kurang istirahat.

Dengan kondisi yang kurang istirahat ini, akan berakibat pula pada sulitnya berkonsentrasi, mudah marah (sulit mengontrol emosi) dan lelah, dan juga bisa mudahnya stres ketika berhadapan dengan pekerjaan. Tentunya hal ini sangat merugikan kita sendiri.

Baca juga : 5 Cara Mudah Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Untuk itu tinggalkan segela kebiasaan buruk yang kita miliki, dan hal itu akan membantu kita untuk mendapatkan hidup yang lebih berkualitas dari sebelumnya.

Sebenarnya bukan hanya itu saja, kita juga bahkan dapat menghemat sejumlah uang yang mana biasanya kita gunakan untuk berbagai hal yang tak berguna, seperti kita gunakan untuk membeli rokok, membeli alkohol, dan berbagai hal yang tak mempunyai manfaat lainnya.

4. Membuat Lebih Bahagia

Hidup sehat menjadikan kita lebih bahagia (gambar : sobatask.net/)

Disaat kita mempunyai beberapa kebiasaan burung, kita akan cenderung kekurangan istirahat dan jga mudah stres. Nah untuk meredam stres, membuat kita untuk mengkonsumsi makanan ataupun minumanyang mana dapat menurunkan stres kita, seperti halnya coklat serta kopi.

Bila hal ini terjadi setiap hari, maka kantong kita lama-kelamaan akan jebol juga, mengingat harga secangkir kopi juga lumayan mahal ataupun harga coklat dengan kualitas terbaik. Hal bukannya membuat kita lebih baik malah justru akan membuat kita lebih tertekan lagi.

Daripada kita melakukan hal ini terus menerus akan lebih kita untuk menerapkan gaya hidup sehat ini dan meninggalkan semua kebiasaan buruk kita. Hal ini akan membuat kita lebih tenang dan tentunya bahagia, bahkan akan membuat kita merasa lebih sehat tiap harinya. Dalam hal ini termasuk juga soal keuangan yang akan menjadi lebih baik dan terkontrol.

5. Lebih Produktif dan Bisa Menyeimbangkan Hidup

Hidup sehat, bisa membuat kita menjadi lebih produktif dalam menyelesaikan semua aktifitas dan tugas sehari-hari (Gambar : arryrahmawan.net)

Dengan hidup sehat kita tentu saja akan lebih banyak melakukan aktifitas sehari-hari dibanding jika kita sakit. Nah, karena kita sehat dan kita lebih bahagia tentu saja kita bisa mengerjakan tugas-tugas baik pekerjaan ataupun kuliah dengan lebih baik.

Karena, secara logika dan kesehatan kita bisa menjadi lebih produktif jika tubuh kita dalam keadaan terbaik, baik sehat secara mental maupun sehat secara fisik. Sehingga antara fisik dan mental ada keseimbangan yang efektif.

Baca juga : Cara Membuat Email di Google, Yahoo, dan Microsoft

Menjalankan gaya hidup sehat tentunya bukan perkara yang udah bagi beberapa orang, barang kali Anda mengalami hal tersebut. Walaupun demikian kebiasaan ini akan membuat kita sehat bahkan akan menghemat banyak uang sekaligus.

Hal ini seperti peribahasa “Sekali mendayung dua pulau terlampaui” atau “Menyelam sambil meminum air”. Bukan hanya tubuh sehat saja yang kita peroleh dari haya hidup sehat tapi juga dapat berhemat.

Maka dari itu mulailah untuk menerapkan dengan perlahan dan teratur. Sehingga kita akan mudah untuk membiasakan diri kita untuk melakukan hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: