Info Giro Bank Mandiri, Keuntungan dan Syarat-syaratnya

Mandiri Rekening Giro – Seperti yang dijanjikan pada artikel sebelumnya, kali ini kita akan membahas mengenai giro yang diberikan sepuluh bank terbesar di Indonesia. Sebelumnya membahas lebih jauh, kita harus mengingat lagi apa itu giro?.

Giro merupakan istilah transaksi perbankan untuk suatu pembayaran di bank. Cara kerjanya hampir sama dengan cek tapi terbalik. Jadi jika cek digunakan untuk menarik uang kalau giro digunakan untuk menyetor atau mentransfer uang dari pengirim ke penerima.

Misal si A mau bertransaksi dengan si B, A sebagai pengirim akan menerima bilyet giro dan diserahkan ke bank. Setelah bank menerima bilyet maka bank akan mentransfer dana yang ada dari rekening A langsung ke akun B. Nah untuk mengambil dana tersebut si B memerlukan cek yang diserahkan ke bank miliknya.

Artikel Lain : Kurangilah Rasa Takut Anda, Dan Tingkatkan Status Anda

Kira-kira seperti itulah cara kerja giro. Untuk selanjutnya kita masuk ke bagian inti. Pada bagian ini kita akan membahas produk giro dari bank dengan aset terbesar di Indonesia yaitu Bank Mandiri. Seperti apa dan bagaimana cara membuka akun giro dari bank ini? Berikut ini penjelasanya selamat membaca.

Mandiri Giro dari Bank Mandiri

Untuk memenuhi kebutuhan sarana pendukung transaksi nasabahnya, Bank Mandiri menawarkan Mandiri Giro sebagai solusi. Mandiri Giro ini merupakan dana simpanan pihak ketiga yang dapat ditarik cek, bilyet giro, atau sarana perintah pembayaran lainnya. Rekening giro ini dapat dibuka secara perorangan atau badan usaha.

Keuntungan Mandiri Giro dari Bank Mandiri

Melalui Mandiri Giro nasabah akan mendapatkan banyak keuntungan seperti bunga harian yang kompetitif dan progresif nasabah dapat menikmati jasa giro yang lebih besar. Jadi semakin besar saldo simpanan nasabah, jasa giro yang didapatkan akan semakin besar juga.

Artikel Lain : Pengertian Manajemen, Fungsi dan Macam-macam Manajemen

Selain itu dengan jaringan ATM Mandiri yang lebih dari 4.100 dan 5000 lebih ATM link nasabah dapat melakukan transaksi dengan mudah tanpa perlu mengantri di kantor cabang untuk melakukan penyetoran atau pun pengambilan.

Keuntungan lain dari Mandiri Giro adalah nasabah dengan rekening perorangan dapat menggunakan pilihan joint account atau rekening gabungan untuk keluarga atau dengan rekening selain giro. Sehingga nasabah dapat merasakan transaksi yang lebih mudah dan simpel.

Fasilitas Mandiri Giro dari Bank Mandiri

Untuk mengoptimalkan pelayanan dan kenyamanan transaksi nasbah, Mandiri Giro memberikan sejumlah fasilitas. Fasilitas tersebut diantaranya penggunaan berbagai mata uang selain rupiah seperti USD, SGD, EUR, AUD, GBP, JPY, HKD, CHF, dan CNY.

Artikel Lain : Cara Hapus Kontak di BBM

Fasilitas lain yang diberikan Mandiri Giro adalah Sweep Account. Sweep Account memungkinkan nasabah memindahkan dana secara otomatis dari rekening Mandiri Giro atau Mandiri Tabungan. Sehingga kecukupan dana dalam rekening Mandiri Giro Rupiah selalu terpenuhi.

Ada juga fasilitas Auto Debit dimana nasabah dapat melakukan pembayaran tagihan rutin bulanan melalui rekening giro. Fasilitas ini dapat dinikmati khusus rekening giro rupiah begitu juga sweep account yang hanya bisa dinikamati rekening giro rupiah untuk perorangan.

Persyaratan Menggunakan Mandiri Giro

Bagaimana cara membuka rekening giro ini? Persyaratannya cukup mudah calon nasabah cukup memenuhi setoran awal dan kriteria – kriteria yang ditentukan bank. Berikut ini beberapa persyaratan dan kriteria yang harus dipenuhi tersebut

Artikel Lain : Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Internet? Apa Benar Bisa?

Setoran Awal

Pilihan mata uang yang beragam menjadikan besarnya setoran awal berbeda – beda tergantung dengan mata uang yang digunakan. Untuk mata uang rupiah setoran awal minimal yang harus dikeluarkan sebesar Rp. 1.000.000. Sedangkan untuk Dolar Amerika, Euro dan Poundsterling setoran awalnya masing – masing 1.000.

Setoran awal untuk mata uang lainnya berbeda – beda. Seperti CHF 2.000, AUD 2.000, SGD 2.500, HKD 10.000, dan JPY 150.000. Selain itu calon nasabah juga tidak termasuk kedalam daftar hitam dari Bank Indonesia. Itulah syarat awal yang harus dipenuhi oleh semua calon nasabah.

Syarat Rekening Giro Perorangan

Jika ingin membuka rekening giro perorangan calon nasabah harus memenuhi berberapa syarat dan kriteria. Kriteria ini berupa usia minimum 21 tahun atau sudah menikah. Jika kriteria tersebut terpenuhi calon nasabah harus mengisi dan menandatangani formulir permohonan beserta pendukungnya.

Artikel Lain : 9 Point Penting Marketing Revolution Tung Desem Waringin

Calon nasabah juga harus menyiapakan dokumen seperti  fotokopi identitas diri (KTP/Paspor dan KIMS/KITAS), dan NPWP serta satu lembar pas foto 4×6. Setelah mendapatkan rekening giro ini nasabah akan dikenakan biaya admnistrasi tiap bulannya.

Syarat Rekening Giro Badan Usaha

Syaratnya tidak terlalu berbeda dengan rekening giro perorangan hanya saja untuk dokumen diperlukan fotokopi identitas diri (KTP/Paspor dan KIMS/KITAS pejabat yang berwenang), NPWP, TDP, SIUP, dan Akte pendirian perusahaan. Sisanya syaratnya sama saja.

Nah itulah tadi sedikit dari Mandiri Giro, mulai dari keuntungan, fasilitas hingga persyaratan untuk membuka rekening giro Bank Mandiri. Bagaimana berminat? Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Saya mohon maaf untuk kesalahan yang ada. Saran dan pertanyaan dapat anda sampaikan melalui kotak komentar yang disediakan atau membuka website resmi dari Bank Mandiri. Saya cukupkan sekian dan terima kasih.

Referensi Tulisan :

Cari Artikel di Sini


Info Giro Bank Mandiri, Keuntungan dan Syarat-syaratnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: