Kelebihan dan Syarat Giro Valas dan Giro Rupiah BRI

Giro Bank BRI – Bank yang selanjutnya akan kita ulas layanan giro nya adalah Bank Rakyat Indonesia. Sebagai bank yang dipercaya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, bank BRI berusaha memberikan pelayanan dan kemudahan dalam transaksi salah satunya melalui giro ini.

Giro BRI dibuat untuk memenuhi kebutuhan dari berbagai kelas masyarakat. Karenanya produk ini terbagi menjadi dua bagian yaitu GiroBRI Rupiah dan GiroBRI Valas. Apa saja kelebihan dari kedua giro ini? Bagaimana cara dan syarat untuk membuka rekening giro BRI? Berikut ini ulasan singkatnya selamat membaca.

GiroBRI Rupiah

Giro ini khusus menggunakan mata uang rupiah sebagai dasar untuk transaksi. Setiap transaksi mulai dari penarikan, penyetoran dan transfer semua menggunakan rupiah. Rekening GiroBRI Rupiah tersedia dalam dua jenis yaitu rekening perorangan dan rekening badan usaha.

Artikel Lain : Inilah Caranya Manajemen Pemeliharaan Ternak Unggas

Keunggulan GiroBRI Rupiah

GiroBRI Rupiah memiliki keunggulan melalui aksesibilitas jaringan yang sangat luas terutama jaringan kartu ATM atau debit giro. Jaringan ini meliputi jaringan BRI, Bersama, Link, Prima, Cirrus, Maestro dan MasterCard. Keunggulan lainnya adalah saat saldo rekening giro lebih sepuluh juta nasabah bebas biaya administrasi.

Fasilitas GiroBRI Rupiah

BRI memberikan fasilitas bagi nasabah GiroBRI Rupiah dengan fitur New Account Sweep atau NAS. Fitur ini menghubungkan rekening giro dengan rekening pinjaman KMK ritel komersial untuk menghindari penolakan cek atau bilyet giro dan pembayaran billing pinjaman secara otomatis.

Fitur lain yang diberikan adalah BRIVA atau BRI Virtual Account, yaitu kaun virtual yang dapat digunakan sebagai sarana identfikasi pembayaran. Selain itu ada juga fitur e-banking yang dapt digunakan dengan mudah oleh para nasabah.

Artikel Lain : Cara Mengirim Email di Komputer dan Smartphone (Android)

Persyaratan GiroBRI Rupiah

Jika fasilitasnya memudahkan transaksi, bagaimana dengan persyaratanya?. Untuk membuka rekening giro ini syarat yang diperlukan sangatlah mudah. Setelah mengisi aplikasi pembukaan GiroBRI Rupiah calon nasabah cukup memberikan setoran awal Rp. 500.000,- untuk perorangan dan Rp. 1.000.000,- untuk non-perorangan.

Sedangkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk rekening perorangan cukup melampirkan fotokopi kartu identitas seperti KTP, SIM, Paspor, KITAS atau KITAP, dan NPWP bila ada. Untuk yang non-perorangan dokumen yang diperlukan adalah fotokopi akte pendirian atau anggaran dasar, ijin usaha, NPWP dan dokumen identitas pengurus serta surat kuasa asli jika yang mengajukan bukan pihak yang berwenang.

GiroBRI Valas

Mata uang yang digunakan dalam giro ini adalah mata uang asing dari dua belas mata uang berbeda. Sehingga nasabah baik yang lokal maupun mancanegara dapat bertransaksi dengan mudah menggunakan mata uang asing ini kapanpun dan dimanapun. Giro ini juga terbagi menjadi dua untuk pengunaan perorangan atau non perorangan.

Artikel Lain : 12 Tips Manajemen Emosi yang Efektif!

Keunggulan GiroBRI Valas

GiroBRI Valas ini menggunakan sistem Real Time Online sehingga nasabah dapat mengetahui rekam jejak transaksi ataupun saldo yang ada pada rekening sesuai dengan waktu saat itu. Keunggulan lainnya adalah transaksi dapat dilakukan secara online melalui 7.000 cabang online yang tersebar. Selain itu pada satu bulan pertama nasabah akan bebas biaya administrasi.

Fasilitas GiroBRI Valas

Fasilitas yang utama adalah kedua belas mata uang yang digunakan yaitu USD, EUR, SGD, AUD, GBP, HKD, JPY, CNY, SAR, NOK, dan AED. Ada juga fasilitas transfer otomatis seperti Automatic Fund Transfer (AFT) untuk melakukan transfer sesuai jadwal, Account Sweep untuk mentransfer ke rekening lain, dan ada Automatic Grab Fund (AGF) untuk melakuakn penarikan untuk rekening tertentu seperti pembayaran rekening peminjaman.

Persyaratan GiroBRI Valas

Untuk membuka rekening giro ini diperlukan setoran awal yang disesuaikan dengan mata uang yang digunakan begitu juga dengan biaya administrasinya. Berikut rincian dari setoran awal dan biaya administrasi bulanan yang dikenakan pada nasabah :

Setoran MinimalBiaya Administrasi
USD:USD 1,000USD 5
EUR:EUR 1,000EUR 5
SGD:SGD 1,000SGD 10
JPY:JPY 150,000JPY 500
AUD:AUD 2,000AUD 10
GBPGBP 1,000GBP 5
HKDHKD 10,000HKD 50
CNYCNY 6,500CNY 50
SARSAR 1,000SAR 25
NOKNOK 1,000NOK 50
AEDAED 1,000AED 25

Artikel Lain : Manajemen Humas yang Efektif dan 4 Tugas Pokoknya

Untuk persyaratan lain sama dengan yang ada pada GiroBRI Rupiah baik itu yang perorangan maupun yang non perorangan. Seperti tidak termasuk dalam daftar hitam BI serta dokumen-dokumen lain yang menjadi syarat untuk rekening perorangan dan non perorangan.

Nah itulah sedikit mengenai Giro yang diberikan bank BRI. Saya mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan. Semoga dapat bermanfaat dan jika ada pertanyaan mengenai artikel ini silahkan isi kolom komentar atau membuka website dari bank BRI. Saya cukupkan sekian dan terima kasih.

Referensi Tulisan : 

Cari Artikel di Sini


Kelebihan dan Syarat Giro Valas dan Giro Rupiah BRI | Admin | 4.5
%d bloggers like this: