Prinsip Kerja dan Cara Menggunakan Mesin EDC

Kemudahan dalam transaksi perbankan saat ini sudah dapat anda rasakan. Salah satu fakta yang menunjukkan kemudahan itu adalah dengan adanya penggunaan mesin electronic data capture (edc) dimana mesin ini memang difungsikan untuk mempermudah melakukan segala macam transaksi tarik tunai baik itu di minimarket ataupun gerai pembelanjaan lainnya.

Untuk dapat melakukan transaksi menggunakan mesin edc ini, ada nominal minimal yang harus anda penuhi, yaitu Rp 20.000,00. Penggunaan mesin ini dibarengi dengan penggunaan kartu debit dari bank yang anda pilih. Caranya cukup mudah, anda tinggal melakukan gesek tunai pada mesin edc yang tersedia pada minimarket atau gerai pembelanjaan yang bersangkutan.

Sebenarnya, mesin edc ini tidak hanya mempunyai fungsi untuk sarana gesek tunai saja, lebih jauh lagi mesin ini dapat digunakan pula dalam transaksi pembayaran barang belanjaan anda, membayar tarif tol, membayar pembelian tiket pesawat dan bahkan bisa untuk membayar tagihan listrik sebagaimana penjelasan yang dikemukakan dalam buku ber-e-banking besutan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebuah instansi yang bergerak di bidang pengawasan perbankan di Indonesia. Bagi anda yang masih penasaran atau bahkan belum pernah mengetahui bagaimana cara kerja dan bentuk dari mesin edc, maka merupakan langkah yang tepat apabila membaca artikel ini sampai tuntas.

PRINSIP KERJA DARI MESIN EDC

Mesin edc akan membantu pemakainya untuk melakukan transaksi menggunakan kartu kredit, kartu debit, ataupun e-money di gerai gerai perbelanjaan yang menyediakan fasilitas mesin edc. Mesin ini mempunyai bentuk yang cukup besar dengan dipenuhi tombol dan terdapat saluran kabel serta sebuah layar kecil di bagian atas.

Mesin ini juga dapat anda temukan dengan mudah di gerbang gerbang tol otomatis di seluruh Indonesia dengan cara penggunaan yang sangat mudah yaitu tempelkan saja kartu e-toll, e-money, atau kartu khusus untuk melewati jalan toll lainnya pada media yang telah disediakan dan gerbang tol akan terbuka secara otomatis.

PROSEDUR MENGGUNAKAN MESIN EDC

Pilihan bahasa pada mesin edc sangatlah sederhana meskipun hanya tersedia dalam bahasa Inggris saja. saat training menggunakan mesin ini, pastinya anda akan diberikan tutorial dan pandungan penggunaan mesin edc, jadi jangan khawatir akan kesulitan kelak di kemudian hari. pihak teknisi dari masing masing bank yang anda pilih pun akan mengunjungi anda secara rutin untuk melakukan pengecekan berkala pada mesin edc di toko atau gerai perbelanjaan anda.

Mesin ini dapat dipakai menggunakan sarana kartu kredit ataupun kartu debit dengan digesek. Sedangkan untuk e-money, mesin ini dapat digunakan dengan cara ditempeli kartu e-money yang anda punya. Adapun mekanisme penggunaan mesin edc tersebut adalah :

  1. Bawalah kartu anda menuju kasir dan penjaga kasir akan memasukkan sejumlah nominal uang yang harus anda bayarkan.
  2. Penjaga kasir akan meminta anda untuk mengetikkan PIN yang anda punya pada mesin edc.
  3. Setelah itu, penjaga kasir akan menggesekkan kartu yang anda punya. Jika transaksi berhasil, maka akan keluar struk sebagai bukti dari transaksi yang telah dijalankan.
  4. Penjaga kasir lalu akan meminta anda untuk menandatangani struk yang bersangkutan.
  5. Ketika gesekan kartu berhasil, maka saldo yang ada pada kartu debit anda akan berkurang dan tagihan akan bertambah jika anda menggunakan kartu kredit.

TIPS AMAN BERTRANSAKSI MEMAKAI MESIN EDC

Untuk bisa terus bertansaksi secara aman menggunakan mesin edc, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, diantaranya adalah :

  1. Jangan lupa tutup mesin edc menggunakan tangan anda saat mengetikkan PIN guna menjaga kerahasiaan.
  2. Cek kembali nominal yang diketikkan oleh petugas sebelum anda mengetikkan PIN.
  3. Saat anda memberikan kartu pada petugas, terus awasi petugas sampai transaksi selesai.
  4. Jika transaksi anda ditolak, tidak usah panik dan segera hubungi call center dari pihak penyedia kartu anda.
  5. Jangan lupa juga untuk meminta kembali kartu anda setelah transaksi selesai.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: