Pengertian NPWP dan 9 Manfaatnya Bagi Wajip Pajak (WP)

NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak, yaitu nomor unik (ID) yang diberikan oleh Dinas Pajak kepada para wajib pajak dan dijadikan sebuah nomor identitas bagi wajib pajak untuk mendapatkan hak dan kewajibannya yang berhubungan dengan perpajakan.

Sebagai warga negara yang baik kita harus membayar pajak sesuai dengan ketentuan. Bentuk ketentuan dalam membayar pajak ini adalah dengan mempunyai NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

NPWP ini akan diberikan kepada wajib pajak agar dapat mempermudah mengurus administrasi perpajakan yang juga dipakai untuk tanda pengenal (identitas) dari wajib pajak dalam melaksanakan setiap hak serta kewajiban perpajkannya.

Dalam ketentuan yang ada, setiap dari wajib pajak hanya akan diberikan satu NPWP, yang dalam NPWP tersebut terdiri atas 15 digit, 9 digit pertama adalah kode wajib pajak serta sisinya adalah kode adimistrasi.

Dalam praktiknya, pemahaman akan NPWP ini masih belum sepenuhnya merata di kalangan masyrakat. Bahkan tak sedikit yang merasa kebingunan akan manfaat, fungsi dan juga cara mendapatkan NPWP.

Bagi Anda yang masih belum mempunyai NPWP, segeralah untuk mendaftarkan sekarang juga. NPWP mempunyai banyak fungsi serta manfaat yang dapat kita rasakan. Diantaranya sebagai berikut ini :

  1. Sebagai sarana identitas dalam hal admistrasi perpajakan.
  2. Menjaga ketertiban dalam hal pembayaran serta pengawasan akan admistrasi perpajakan.
  3. Menjadi salah satu persyarakan dalam mendapatlan pelayanan umum, seperti kartu kredit bank, paspor dan persyarat pegawai untuk beberapa intastinya.

Meskipun NPWP mempunyai banyak keuntungan bagi pemiliknya, akan tetapi ada sebagian orang yang belum, bahkan enggan untuk menyempatkan waktunya mengurus NPWP.

Padahal dalam proses registrasi serta pendaftrannya tergolong mudah serta tentunya tanpa dipungut biaya apapun (gratis). Apalagi di zaman sekarang ini, semuanya dapat kita lakukan secara online.

Pendaftaran NPWP ini dapat kita proses melalui website Direktorat Jendral Pajak di www.pajak.go.id . Ikuti saja petunjuk yang ada didalam webseite tersebut.

Agar memantapkan kita dalam mempunyai NPWP ini ada baiknya kita mengetahui akan manfaat dari NPWP secara mendetail.

Manfaat Utama NPWP Bagi Wajip Pajak (WP)

Direktorat Jendral Pajak sempat merencanangkan Tahun Pembinaan Wajib pajak 2015 membawa angin segar bagi setiap masyarakat yang belum mempunyai NPWP. Direktorat Jendral (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan memberikan himbauan kepada setiap lapisan masyarakat agar mendaftarkan diri menjadi Wajib Pajak serta mendapatkan segala manfaat dari upaya tersebut.

Himbauan tersebut diberikan kepada mereka yang telah memenuhi persyaratan subjektif serta objektif sebagaimana yang ada dalam ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan berdasarkan sistem self assement agar nantinya dapat menghindari sanki pajak.

Dan pada tahun 2016 yang lalu merupakan tahun penegakaan aturan pajak, hal ini diharapkan sudah tak lagi wajib pajak yang tak mempunyai NPWP. Nah berikut ini manfaat wajib pajak yang mempunyai NPWP :

A. Sebagai Persyaratan Admistrasi

Dengan kita mempunyai NPWP, kita setidaknya akan mendapatkan kemudahan dalam pengurusan persyaratan Admistrasi seperti halnya di bank.

Beberapa instansi akan mewajibkan kita untuk memasukkan nomor NPWP sebagai salah satu syarat utama dokumen pendukung dalam pegurusan admistrasi di tempat tersebut. Beberapa pembuatan dokumen yang di dalamnya akan membutuhkan NPWP diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pembuatan Rekening Koran

Rekening Koran adalah sebuah laporan saldo serta mutasi rekening nasabah yang mempunyai fungsi seperti halnya layaknya buku tabungan.

Disini bedanya adalah dalam rekening koran hanya diperuntukkan keperluan badan usaha atau perusahaan bukan untuk keperluan individu. Untuk proses pembuatanya kita diwajibkan mempunyai NPWP.

2. Pembuatan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) adalah surat izin bagi seseorang maupun badan usaha agar dapat melaksanakan usaha perdagangannya.

SIUP ini mempunyai fungsi sebagai bukti pengesahan usaha yang dijalankan dan dimiliki yang dikeluarkan oleh pihak pemerintah daerah. Dan juga dibutuhkan bagi setiap pelaku usaha perorangan maupun juga pelaku usaha yang telah berbadan hukum.

SIUP ini dibutuhkan oleh setiap skala usaha, baik itu usaha berskala besar, usaha skala menengah ataupun usaha skala kecil. Hal ini agar usaha yang dilakukan mendapatkan pengakuan serta pengesahan dari pihak pemerintah setempat. Nah dalam pengajuan SIUP ini akan memerlukan syrat wajib mempunyai NPWP.

3. Pembuatan Paspor

Dalam proses pembautan paspor juga mengharuskan kita mempunyai NPWP. Kita tahu bahwa paspor adalah salah satu dokumen resmi yang dikeluarkan oleh suatu instansi yang mempunyai kewenangan dari suatu negara (di Negara RI adalah Direktorat Imigrasi, Kemenkumham) yang memuat segela informasi dan identitas dari pemegangnya.

Bagi kita yang belum mempunyai paspor, maka kita harus mempunyai NPWP dahulu sebelum mengajukan pembuatan paspor.

4. Untuk Kredit Bank

Jika kita mempunyai keinginan untuk mengajukan kredit ke bank maka ada salah satu syarat yang kita perlukan yakni Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). NPWP ini adalah salah satu syarat dokumen utama dalam mengajuan kredit. Dengan kita mempunyai NPWP ini, maka pihak bank dapat memberikan kita limit kartu kredit di atas Rp. 50 juta.

5. Administrasi Pajak Final

Istilah final disini adalah jenis pajak ini harus diselesaikan dalam masa pajak yang sama seoerti saat kita terima dan tak perlu dilaporkan lagi pada akhir tahun pajak.

Pemotongan pajak final ini dikenakan pada beberapa jenis penghasilan, contohnya utnuk kepentingan deposit, hadiah berupa lotere, undian serta transaksi saham. Jika memang kita menghendaki melakukan pembayaran pajak final, maka NPWP akan sangat kita butuhkan dalam prosesnya.

B. Mempermudah Masalah Perpajakan

Manfaat lain yang akan kita terima dari mempunyai NPWP ini adalah kemudahan kita dalam mengurus segala bentuk administrasi perpajakan.

Bila kita tidak mempunyai NPWP, maka kita bisa jadi tak diperkenankan dalam membuat dokumen-dokuemn tersebut. Berikut ini adalah beberapa yang akan kita dapatka bagi kita yang mempunyai NPWP :

1. Biaya Pemotongan Pajak yang Rendah

Yang paling kerasa adalah manfaat ini, yaitu biaya pemotongan pajak yang rendah. Bagi kita yang terkena wajib pajak perorangan akan tetapi tak mempunyai NPWP maka potongan pajak pada penghasilan kita adalah sebesar 20% lebih tinggi dari pada yang pajak mesti dibayarkan.

Akan tetapi bagi kita yang mempunyai NPWP ini tentu saja wajib pajak perorangan yang akan dikenakan pemotongan akan jauh lebih rendah dari itu. Maka apalagi yang kita tunggu? Segera kita urus pembuatan NPWP sekerang juga.

2. Pengajuan Pengurangan Pembayaran Pajak

Setiap orang mempunyai tingkatan kemampuan finansial yang berbeda-beda. Kondisi hal ini lah yang jelas berpengaruh terhadap seseorang dalam hal pembayaran pajak, terutama lagi bagi mereka yang terkena wajib pajak.

Apabila kita sebagai wajib pajak berkeinginan untuk melakukan pengajuan keberatannya dalam hal jumlah pajak pajak yang harus dibayarkan, maka NPWP sangat kita butuhkan sebagai salah satu syarata dalam memperlancar prosesnya.

3. Melakukan Restitusi (Refund/Return) Pajak

Apa yang kita rasakan apabila kita telah terlanjur membayar pajak yang pemabayarannya melebihi yang seharusnya? Sudah pasti kita akan berusaha mengambil kembali kelebihan uang yang kita bayarkan bukan?

Disinilah yang disebut dengan restitusi, yakni pembayaran pajak yang melebihi batas seharusnya. Kejadian seperti ini bukanlah hal yang aneh bahkan juga sering terjadi. Maka dari itu perlu adanya usaha untuk mencegah hal tersebut agar tak terjadi.

Akan tetapi bagaimana bila kita telah terlanjur membayarkannya? Maka mau tak mau kita harus pergi ke kantor pajak untuk mengambilnya. Akan tetapi kita harus mengingat satu hal, dalam pengambilan uang berlebih ini hanya dapat dilakukan oleh kita yang mempunyai NPWP saja.

Jika tidak ada nomor NPWP maka tidak bisa diproses pengambilan, karena kepemilikan NPWP ini adalah syarat utama dan wajib dalam hal tersebut. Akan tetapi bagi yang telah mempunyai NPWP ini tak perlu khawatir apabila ternyata kita membayarkan pajak yang berlebih.

4. Mempengaruhi Jumlah Pajak yang Mesti Dibayarkan

Apa yang kita rasakan apabila kita kelupaan atau bahkan tak mengetahui sama sekali jumlah pajak yang harus kita bayarkan?

Tentunya kita akan merasa kebingunan karena tak tahu berapa yang harus kita bayarkan. Untuk mengatasi solusinya kita harus mempunyai NPWP ini. NPWP ini akan bermanfaat di saat kita akan melakukan pelaporan berkenaan dengan jumlah pajak yang harus kita bayarkan dan juga pada saat kita akan menyetorkan pajak tersebut.

Warga Negara yang Baik Tentu Taat Pajak

Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan apabila kita mempunyai NPWP. Maka dari itu segeralah untuk mendaftarkan diri kita agar mendapatkan NPWP.

Selain juga syaratnya yang mudah, prosesnya juga cepat, kurang lebih hanya akan memerlukan satu dua hari sudah selesai. Selian hal itu, dalam pendaftarannya tak di pungut biaya sepeser pun alias gratis.

Sekian dulu artikel kali ini, semoga dalam penjelasan tadi dapat membantu dalam menambah pengatahuan tentang betapa pentingnya kita mempunyai NPWP. Pajak adalah salah satu sektor utama dari negara yang akan menjadi acuan dalam pembuatan APBN. Maka dari itu sebagai warga negara yang baik, bayarlah pajak kita tapat waktu secara tertib, jujur dan tentunya mempunyai NPWP ini untuk mempermudah proses administrasinya.

Di cuplik secukupnya dari cermati.com


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: