Tutorial Membuat Formulir Online Mudah dengan Google Form Gratis

Pastinya kita telah mengetahui bahwa Google Docs telah terintergrasi dengan Google Drive, yang akan membuat segala aktivitas penyimpanan dan pengeditan fila dapat kita lakukan kedalam 1 layanan yang telah disediakan oleh pihak Google.

Kita juga dapat memanfaatkan banyaknya fitur dan layanan dari Google Drive mulai dari pembuatan dokumen dalam segala format seperti halnya word maupun excel bahkan powerpoint juga bisa. Google Drive juga menyediakan penyimpanan cloud yang besaryakni 15GB, jika masih kurang kita juga bisa upgrade memori dengan biaya yang murah.

Selain fitur tadi, google docs juga menyediakan fitur formulir online atau biasa disebut dengan Form Online Google. Form ini sangat simple dan mudah digunakan, karena itulah banyak yang menggunakannya. Saya sering menjumpai form-form yang dibuat dengan menggunakan fasilitas Google Form.

Baca Juga : Tips Mengetik 10 Jari dan Software untuk Belajarnya

Karena umumnya mereka menggunakan Google Form untuk mengerjakan tugas survey membuat kuisoner dan menyebarkan linknya untuk memperoleh data-data survey.

Selain digunakan untuk memperoleh data survey, Form Google juga dapat digunakan untuk mendaftar event-event tertentu yang akan diselenggarakan oleh suatu komunitas maupun organisasi. Nah form ini berguna untuk mengumpulkan segala data peserta yang akan mengikuti acara tersebut.

Karena Google Form adalah suatu bagian dari fasilitas yang ada di Google Drive, maka kita harus mempunyai akun gmail dahulu. Bila mempunyai akun Google silahkan kita registrasi atau membuat terlebih dahulu. Bila kita telah mempunyai akun Googel dan siap, silahkan ikuti langkag-langkah berikut ini untuk membuat formulir online menggunkan fasilitas dari Google Drive.

  1. Pertama kita harus login terlebih dahulu ke Google Drive dengan menggunakan akun Google kita.
  2. Setelah kita masuk ke Google Drive, lihat pada pojok kanan atas tempat baris menu berada kemudian klik pada Menu => More => Google Forms

    Ikuti langkah seperti gambar diatas untuk membuat form google

  3. Maka kita akan mendapati tampilan default Google Form yang form maupun judulnya masih semua Untitled, seperti yang ada pada gambar berikut ini.

    Diatas adalah contoh pembuatan formulir, ganti judul dan field sesuai dengan kebutuhan

  4. Kita dapat mengganti judul form yang masih Untitled Formtadi menggunakan judul kita sendiri. Sebagai contoh kita akab menggantinya dengan Contoh Form Pendaftaran Liga Futsal. Lalu dibawhnya itu adalah field pertama yang akan kita ganti

Dari inputan tadi maka akan jadi seperti dibawah ini :

  1. Kemudian klik pada Add Item yang ada di bagian bawah untuk menambahkan form baru, Kita dapat memilih jenis form seperti apa yang kita ingin tambahkan. Kita juga dapat menambahkan form dalam bentuk teks seperti form Nama Kelompok diatas maupun dengan bentuk yang lain.
  2. Sebagai contoh kita akan membuat tambahan Jenis Kelamin dengan bentuk data multiple choice atau pilihan ganda. Maka input data yang hanya dilakukan dengan memilih salah satu pilihan yang telah tersedia.

    Ada banyak sekali tipe-tipe form yang dapat kita pakai antara lain :

    1. Short Answer model jawaban singkat (misal nama)
    2. Paragraph model jawabannya panjang (seperti alamat)
    3. Multiple Choice model jawaban pilihan (misal : jenis kelamin)
    4. Checkboxes model jawaban bisa memilih lebih dari satu (misal : hobi)
    5. Dropdown memilih satu jawaban dengan model jawaban menu kebawah (misal bisa jenis kelamin)
    6. Linear Scale model jawaban nilai skala
    7. Multiple Choice Grid model jawaban pilihan ganda banyak, jadi bentuknya seperti grid /tabel
  3. Kita juga akan menambahkan beberapa form lagi agar benar-benar “terlihat: seperti form pendaftaran.
  4. Untuk bagian Confirmation Page adalah halaman yang akan muncul setelah form nantinya disubmit oleh pengisi form. Kita juga dibebaskan untuk dapat menggantinya sesuai dengan keingin kita sendiri. Dan setelah pembuat form dan halaman konformasinya selesai, maka silahkan klik Send Form.
  5. Jendela baru yang akan beriskan URL form kita akan muncul, maka kita sudah langsung dapat mencopy dan menyebarkan lamat URL form dan atau memperpendek URLnya dahulu. Dengan cara memberikan tanda centang pada bagian Short URL.
  6. Silahkan buka form kita tadi menggunakan URL yang telah kita dapatkan dalam proses sebelumnya. Untuk contoh, beriikut ini adalah form yang tadi kita buat dalam totorial tadi:
  7. Dari sisni pembuatn form sudah selesai dan kita siap untuk menyebarkan URL Form kita pada orang-orang. Setiap data yang masuk kedalam form (telah disubmit) akan masuk dalam dokumen spreadsheet yang terdapat di Google Drive. Kita juga dapat mengaksesnya menge cara mengeklik View Reponses yang berada dalam halaman editor form.

Nah tadi hanya sebagai contoh cara membuat formulir online untuk pendaftaran, tapi kita juga daat mengaplikasikannya untuk dapat membuat berbagai jenis form mulai dari form kontak, form untuk pemesanan barang, form kuisioner maupun survei untuk mengerjakan skripsi dan masih banyak lagi kegunaanya.

Sekian dulu tutorial mengenai cara membuat form online menggunakan fasilitas Google Drive.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: