Pengguna Gplus? Pastikan Tahu 6 Fitur Terbaiknya!

Fitur Terbaik di Google Plus

Penjelasan Lengkap Fitur Google Plus (G+) – Mungkin diantara kita ada yang tidak tahu google plus ya?

Karena memang sosial media yang sedang sangat populer sekarang ya cuma Facebook, Twitter dan Instagram. Bisa dikatakan semua orang sudah nyaman dengan ketiga sosial media tersebut.

Mengapa begitu? Ya karena fitur-fitur dari setiap sosial media itu yang buat “betah” para penggunanya.

Facebook sebagai sosial media dengan fitur paling lengkap, mulai dari grup, fanspage, pertemanan, sharing status, foto, bahkan sekarang viewer video di facebook sudah mendekati youtube yang notabene situs khusus penyedia konten video.

Instagram tampil dengan fitur sangat khusus yaitu hanya sharing video dan foto. Meskipun terbatas tapi karena keterbatasan inilah membuat instagram digandrungi oleh banyak orang terutama anak muda.

Karena pada dasarnya manusia itu makhluk visual sehingga lebih suka melihat gambar daripada membaca tulisan.

Twitter juga, dengan fitur utama “tweet” yang terbatas hanya 140 karakter saja membuatnya cukup menarik untuk banyak orang. (Baca : Fitur Terbaik Twitter).

Untuk terus mengembangkan sayapnya, google plus menyediakan berbagai fitur menarik yang dapat digunakan oleh para penggunanya. Bagi yang belum memiliki akun gplus silahkan baca artikel cara membuat akun google plus.

Tentu saja fitur-fitur yang disediakan oleh google plus akan selalu bertambah seiring berjalannya waktu untuk menarik minat masyarakat dunia menggunakan google plus ini. Apa saja fitur dan kegunaannya? di bawah ini merupakan penjelasan lengkap fitur Google Plus (G+)  :

1. Fitur Circle (Pertemanan / Follower / Following)

Fitur Circles di Google Plus

Fitur Circles di Google Plus

Circle berarti lingkaran. Maksudnya adalah kita memasukan teman-teman yang telah kita add masuk ke lingkaran daftar kelompok-kelompok pertemanan yang telah kita buat.

Fungsinya adalah ketika kita akan melakukan share artikel ataupun share video kita bisa memilih orang-orang yang yang akan dapat melihat postingan kita tersebut berdasarkan Lingkaran (kelompok perteman) yang ada.

Secara default ketika kita membuat sebuah akun google plus maka sudah ada 4 lingkaran (kelompok pertemanan) yang disediakan, yaitu, Lingkaran Teman, Lingkaran Keluarga, Lingkaran Kontak dan Lingkaran Mengikuti.

Fitur circle ini kalau di twitter dan instagram disebut dengan follower dan following.

Misal di twitter kita punya 1000 follower, kalau di google plus tulisannya “Kamu dilingkaran orang lain”, seedangkan following maka tulisannya “Yang ada di lingkaran kamu”.

Update! Februari 2016

Setelah saya cek di google plus terbaru ternyata fitur circle dan circling sudah tidak ada.

Mungkin karena istilahnya sangat tidak familiar bagi banyak orang maka sudah diganti dengan Pengikut dan mengikuti atau Follower and Following sama seperti instagram dan twitter.

2. Integrasi dengan Google Hangout

Hangout ini merupakan fitur grup video chat. Dengan menggunakan Hangout ini kita bisa melakukan video chat dengan teman-teman sesama pengguna google plus.

Fitur Google Hangout

Fitur Google Hangout

Dalam 1 grup video chat maksimal terdapat 10 pengguna akun google plus. Hangout ini memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan partner kerja, teman atau pun ngumpul bareng dengan keluarga baik menggunakan perangkat komputer, ponsel, ataupun tablet dan menambah keefektifan waktu kita.

Google Hangout itu sendiri ya kurang lebih sama lah fiturnya seperti skype. Atau yang lebih populer lagi ya Whatsapp, Line, atau sejenisnya.

Kalau di Android Google Hangout fiturnya nambah lagi, jadi kita bisa berkirim SMS. Ya kurang lebih seperti aplikasi SMS pada umumnya misal GO Message, dll.

3. Huddle

Huddle

Fitur Huddle

Huddle ini merupakan suatu fitur yang memungkinkan kita melakukan komunikasi melalui instant messaging dalam circle. Namun, fitur ini hanya tersedia dalam perangkat berbasis android saja.

4. Sparks

Fitur Sparks

Fitur Sparks

Sparks merupakan front-end dari google search. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengidentifikasi topik-topik yang mungkin menurut kita sangat menarik dan kemudian kita share dengan pengguna lain.

5. Komunitas

Fitur Komunitas

Fitur Komunitas

Komunitas atau Google Communities ini merupakan fitur yang memungkinkan kita untuk melakukan sharing dengan teman-teman kita tentang suatu info, hobi dan minat yang sama atau pun hanya sekerdar berbagi artikel saja. Komunitas ini seperti halnya sebuah group.

6. Game

Fitur Game

Fitur Game

Sepertinya memang akan terlihat kurang menarik jika suatu jejaringan sosial tidak menyediakan fitur game. Sama halnya dengan facebook, di google plus pun kita bisa memainkan berbagai game yang memang sudah di sediakan oleh google. Untuk melihat daftar lengkap game yang tersedia pada “Direktori” di bagian atas laman game.

Demikian tadi beberapa fitur yang sudah disediakan oleh Google Plus untuk bisa bersaing dengan jejaringan sosial lainnya. Tidak menutup kemungkinan fitur-fitur yang di sediakan saat ini sudah bertambah dari beberapa fitur yang sudah kami jelaskan di atas tadi.

Tentunya itu untuk mendukung perkembangan dari google plus. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang google plus dan bermanfaat untuk para pembaca. Terima kasih telah berkunjung.

Cari Artikel di Sini


Pengguna Gplus? Pastikan Tahu 6 Fitur Terbaiknya! | Admin | 4.5
%d bloggers like this: