Ini Dia 5 Fitur Terbaik di Twitter

Fitur Dasar Twitter – Sebuah sosial media tentunya memiliki berbagai fitur yang dapat di manfaatkan oleh penggunanya.  Nah, Begitu juga dengan Twitter. Twiter sebagai media sosial terbesar kedua memiliki beragam fitur menarik yang dapat kita gunakan. Melalui fitur-fitur ini kita bisa tahu akan perbedaan sosial media twitter ini dengan media sosial lainnya seperti halnya facebook dan google plus.

Artikel Terkait : Ini 6 Fitur Terbaik di Google Plus (G+)

Pada dasarnya setiap sosial media mempunyai fitur yang hampir sama, tetapi ada beberapa fitur yang menjadi “ciri khas” dari setiap sosial media tersebut.

Sebut saja misal facebook itu terkenal dengan fitur membagi status, foto, dan “chatting” yang pada waktu awal-awal dulu belum ada sosial media seperti itu.

Kalau google plus memiliki fitur yang menarik yaitu “hot trend” jadi kita bisa mengetahui trend apa yang sedang banyak dibahas pada waktu tersebut. Jadi di google plus ada halaman khusus yang menampilkan postingan-postingan yang populer.

Kalau instagram juga memiliki fitur unik yaitu hanya fokus untuk berbagi video dan gambar saja. Meskipun fiturnya cuma terbatas itu saja, tetapi inilah yang membuat instagram menjadi unik dan menjadi salah satu sosial media terbesar, bahkan pertumbuhannya mengalahkan twitter.

Meskipun twitter makin lama makin sedikit penggunanya, tetapi twitter tetap masih digunakan sebagai “kiblat” untuk melihat trending topic apa yang sedang terjadi.

Dan Indonesia juga masih menjadi salah satu penyumbang “tweet” terbanyak di dunia. Jadi tidak ada masalah bukan kalau kita membahas tentang twitter ini?

Twitterpun juga tak kalah unik, kalau di facebook mengenal status kalau di twitter kita mengenal “tweet”. Bahkan istilah tweet ini sudah masuk dalam kamus oxford universty.

Meskipun hanya cukup menulis tweet sebanyak 140 karakter saja, tapi hal inilah yang menjadikan twitter itu unik. Karena keterbatasan ini maka ada istilah lain yang muncul yaitu “Kuil Tweet” artinya kumpulan-kumpulan tweet dalam 1 topik pembahasan.

Nah, lebih jelasnya berikut ini adalah 5 fitur utama yang disediakan twitter untuk para penggunanya :

1. Fitur Reply Tweet (Membalas Tweet User Lain)

Fitur Repry di Twitter

Fitur Repry di Twitter

Fitur reply ini bisa kamu gunakan untuk membalas tweet yang di share oleh teman kamu. Kita bisa memulai percakapan/membalas tweet dengan menekan tombol reply di bawah tweet teman kita.

Saat kita melakukan Reply pada tweet maka reply kita tersebut akan tampil pada timeline atau halaman home twitter kita.

Salah satu cara unik di twitter adalah kita harus “mention” user yang kita reply agar masuk di notifikasi mereka. Tombol mention ini diwakili dengan huruf “at” yaitu @

Misal user teman kamu adalah achmad_yusron, maka untuk memention dan membalas tweetnya kamu harus masukkan kata @achmad_yusron di tweet balasan kamu tersebut.

2. Fitur Retweet (Ngeshare Tweet User Lain)

Fitur Retweet di Twitter

Fitur Retweet di Twitter

Fitur retweet ini bisa kita gunakan untuk meneruskan atau menyebarkan tweet orang lain ke halaman timeline kita. Disini kita juga dapat membubuhinya dengan beberapa komentar yang ingin kita tambahkan.

Nantinya tweet yang telah kita retweet tersebut akan dapat di lihat oleh follower kita melalui timeline mereka.

Retweet ini pada umumnya ada 2 tipe, yaitu kita dengan mode langsung retweet user lain, yaitu tinggal klik icon tersebut.

Cara kedua adalah kita menulis kembali tweet user yang ingin kita retweet, kemudian kita tulis RT didepan tweet tersebut. Misal kita ingin mengetweet kata mutiara berikut ini :

Jadi kita mengetweet kembali menjadi :

RT @GreatestQuotes : “Whatever we plant in our subconscious mind and nourish with repetition and emotion will one day become a reality.” – Earl Nightingale

3. Fitur Like Tweet

Fitur Like di Twitter

Fitur Like di Twitter

Fitur like ini sangat berguna ketika kamu ingin menyimpan suatu tweet yang menurut kamu bagus. Untuk melakukannya pun sangat mudah, cukup tekan simbol love di bawah tweet, maka tweet tersebut akan tersimpan di dalam menu Like seperti yang terlihat di gambar.

Fitur Like di Twitter

Fitur Like di Twitter

Fitur ini dulu namanya “favorited” dengan icon bintang. Alasan diganti dengan nama like mungkin karena istilah like dan tombol love itu sudah menjadi sebuah trend dan icon bagi pengguna sosial media untuk menunjukkan ketertarikan akan sebuah topik.

Kalau di facebook fitur ini dinamakan “like”, kalau di instagram “fav”, kalau di google plus adalah “plus 1”. Intinya sama, untuk menunjukkan bahwa kita menyukai postingan tersebut.

4. Fitur Following (Mengikuti)

Fitur Following di Twitter

Fitur Following di Twitter

Fitur following ini memungkinkan kamu untuk mengikuti orang lain dan otomatis akan menjadi follower orang lain tersebut. Dengan melakukan following ini maka tweet orang yang kita follow akan selalu tampil di timeline kita.

Kalau di facebook kita mengenal pertemanan / friendlist, kalau di twitter sedikit berbeda. Hal ini juga berlaku di instagram dan google plus.

Kalau di twitter itu ada yang namanya following, artinya jika kita menyukai user twitter tertentu kita bisa “ngefollow” akun tersebut.

Al hasil tweet orang yang kita follow itu akan keluar di beranda twitter kita.

5. Fitur Follower (Pengikut)

Fitur Follower di Twitter

Fitur Follower di Twitter

Fitur follower ini kebalikan dari following. Bila following adalah kita mengikuti orang lain, maka follower ini adala orang lain yang mengikuti kita.

Jika kita tidak melakukan follback atau following kembali kepada orang tersebut maka tweet orang tersebut tidak akan pernah tampil di timeline kita namu tweet kita lah yang tampil di timeline mereka

Demikian tadi beberapa Fitur Dasar Twitter yang bisa kamu gunakan dan kamu manfaatkan. Semoga artikel tutorial lengkap ini bermanfaat bagi kamu yang ingin lebih mengetahui fitur-fitur yang ditawarkan oleh Twitter. Terimakasih. Baca juga artikel kami lainnya

Cari Artikel di Sini


Ini Dia 5 Fitur Terbaik di Twitter | Admin | 4.5
%d bloggers like this: