Prospek Kerja Lulusan Manajemen

Fakultas Ekonomi ManajemenMasalah klasik yang sering dialami oleh alumni lulusan manajemen adalah sulitnya mereka mencari kerja. Sehingga menimbulkan pertanyaan salahkah dunia kerja ini, atau apakah ada kesalahan dalam kompetensi dari lulusan manajemen.

Dan pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang info lengkap tentang fakultas manajemen, bila lupa silahkan klik disini.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh departemen Penelitian & Pengembangan, didapatkan bahwa lulusan manajemen harus memiliki beberapa kemampuan dasar.

Apabila berbicara soal kompetensi dari lulusan manajemen dalam mencari pekerjaan, maka kita akan berbicara kompetensi yang akan membedakan lulusan manajemen dengan lulusan yang lainnya.

Pada dasarnya lulusan manajemen ini sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. Hal ini disebabkan bahwa dalam perkuliahan mereka telah mengasah hard skill untuk mengelola perusahaan. Seperti halnya mengelola keuangan, operasional, sumber daya manusia, dan masih banyak lagi.

fakultas ekonomi

kita harus daapt membagi waktu kita (image : google)

Coba jawab perusahaan mana yang tidak punya operasional? Tidak mungkin ada kan! Nah dalam hal ini mahasiswa manajemen ini yang akan menjadi kunci kesuksesan dalam perusahaan. Mengapa demikian?

Hal itu dikarenakan mahasiswa manajemen hanya akan berkonsentrasi dalam pencapaian sebuah tujuan yang dilakukan bersama.

Dan ingat bahwa lulusan manajemen ini harus dapat berfikir secara rasional untuk menyelesaikan masalah yang ada serta membuat keputusan yang berdasarkan analisanya.

Karena sejak kuliah mereka telah berlatih untuk menyelesaikan masalah yang dinamis, sehingga mereka mempunyai pengetahuan yang luas untuk dapat menyelesaikan beberapa masalah.

Untuk mahasiswa haru diajak untuk berfikir kritis serta rasional yang mana harus punya kapabilitas agar dapat menyelesaikan masalah yang ada serta membuat sebuah keputusan. Yang harus dimiliki oleh mahasiswa manajemen selain hard skill adalah soft skill.

Hal itu sesuai dengan hasil survei yang dilakukan oleh Nasional Assosiation of Colleges and Employers USA tahun 2002. Yang mana dilakukan pada 457 pemimpin perusahaan, yang mana mereka menyatakan bahwa IPK bukanlah hal yang terpenting dalam dunia kerja ini.

Anda pasti bertanya terus apa yang terpenting kalau bukan IPK? Jawabannya adalah soft skill, yang mana berhubungan dengan kemampuan untuk dpat berkomunikasi, kejujuran, motivasi, kemampuan dalam beradabtasi, serta kemampuan interpersonal.

Ini menjadi masalah dikarenakan biasanya di perkuliahan tidak semuanya sesuai dengan kenyataan yang ada dalam dunia kerja. Itu merupakan masalah dari softskill.

Dalam hal ini soft skill diartikan sebagai keterampilan yang harus dimiliki oleh seseorang dalam berhubungan dengan orang lain serta keterampilan dalam hal mengatur dirinya sendiri untuk dapat memaksimalkan kinerjanya.

Nah soft skill ini terbagi menjadi dua aspek, yaitu non teknis sera teknis. Nah untuk aspek teknis sendiri merupakan keahlian yang harus dimiliki untuk menghadapi dunia kerja ini, sedangkan untuk non teknis sendiri ini mencangkup motivasi, adaptasi komunikasi, problem solving, manajemen stress, serta kepemimpinan.

Dengan mempunyai hard skill serta soft skill ini lulusan dari manajemen akan dapat bersaing dengan lulusan lain dalam dunia kerja bahkan merak bisa saja mudah untuk mendapat kerja.

Cari Artikel di Sini


Prospek Kerja Lulusan Manajemen | Admin | 4.5
%d bloggers like this: