Free 8 Tutorial Facebook Marketing Lengkap

Tips Facebook Marketing – Pada beberapa tahun terakhir ini memang e-commerce sedang berkembang sangat pesat. Ada banyak sekali model-model e-commerce yang muncul, dan hal ini juga berimbas pada semakin banyaknya model marketing yang berkembang.

Pada dasarnya dunia marketing ini memang bersifat sangat dinamis, artinya selalu berubah-ubah bergantung pada situasinya terutama waktu dan tempatnya. Trik marketing / pemasaran 20 tahun lalu sangat berbeda bila dibandingkan dengan trik marketing sekarang ini.

Untuk marketing di era sekarang bisa dikatakan lebih mudah daripada jaman dulu, apalagi dengan semakin berkembang pesatnya internet menjadi sangat mempermudah para pelaku bisnis untuk melebarkan sayapnya. Ada banyak sekali model bisnis online yang ada sekarang ini, dan sudah saya bahas lengkap di artikel sebelumnya ( Baca : 8 Peluang Bisnis Online)

Nah, untuk mempermudah saya bagi dunia marketing untuk jaman sekarang menjadi 2 tipe, yaitu marketing offline dan online. Marketing offline adalah tipe strategi pemasaran/marketing yang masih bersifat tradisional/konvensional, misalkan dengan memasang brosur, menawarkan door to door, iklan lewat radio, lewat iklan baris di koran, dll.

Sedangkan marketing online adalah strategi pemasran yang sepenuhnya mengandalkan internet sebagai medianya, tak heran jika marketing online ini bias disebut dengan internet marketing. Dalam hal ini saya lebih memilih untuk marketing online, mengapa demikian?

Untuk pelaku bisnis menengah kebawah atau biasa disebut dengan UMKM masalah dana promosi adalah masalah utama, karena itulah internet marketing sangat cocok untuk usaha menengah kebawah, karena dalam internet marketing biaya pemasaran jauh lebih murah.

Nah, dalam internet marketingpun juga ada banyak sekali metode, salah satu metode yang umum, terkenal dan cukup menjanjikan adalah menggunakan facebook marketing. Tips-tips facebook marketing sudah kita bahas dengan sangat lengkap di rocket manajemen ini. Tips yang kami sajikan adalah tips-tips gratis alias tanpa bayar.  Supaya lebih mempermudah Anda untuk memahaminya, kami buat dalam satu buah artikel berseri agar Anda tidak bingung untuk memulai iklan facebook darimana. Lebih lengkapnya berikut ini adalah tutorial lengkap facebook marketing :

1. Cara Membuat Akun Facebook

Yaps, artikel pertama dan paling utama adalah tutorial membuat akun facebook. Lho ini kan sangat gampang? Iya gampang, bagi kamu yang sudah terbiasa dengan dunia internet. Bagaimana jika yang sama sekali belum mengenal internet? Jangankan internet, komputer aja baru bisa ngetik saja.

Nah, karena itulah dalam panduan facebook marketing yang kami susun memang ditujukan untuk pemula yang memang benar-benar pemula. Selain itu tutorial yang kami berikan sebisa mungkin kami buat secara runtut dan terstruktur supaya bisa dipahami dengan mudah dan tidak membingungkan.

Baca : Cara Membuat Akun Facebook

2. Cara Membuat Fanspage Facebook

Tutorial kedua adalah membuat fanspage di Facebook. Apa itu Fanspage? Nah, fanspage itu berbeda dengan akun facebook. Kalau akun facebook itu lebih bersifat personal alias person to person. Kalau fanspage itu lebih mengarah ke komunitas tertentu.

Misalkan begini, kamu suka sepak bola khususnya tim Real Madrid, dan ada tuh Real Madrid membuat official fanspage guna menampung animo para fans-fansnya. Nah, seperti itulah fanspage. Yang berguna untuk menjaring komunitas-komunitas.

Baca : Cara Membuat Fanpage Facebook

3. Cara Membuat Akun untuk Jualan di Facebook

Pada tutorial yang pertama kami menjelaskan tentang cara membuat akun facebook, nah sekarang apa bedanya ddengan akun facebook untuk jualan? Pada umumnya memang untuk berjualan lewat facebook yaitu menggunakan fanspage facebook. Mengapa demikian?

Seperti yang telah dijelaskan diatas, fanspage facebook memiliki kelebihan yaitu bisa menjangkau orang lebih banyak. Apalagi jika kita memiliki likers (orang yang ngelike) dengan jumlah banyak, akan sangat gampang untuk menjual sebuah produk. Tapi, cara mengembangkan fanspage tidaklah mudah. Kita perlu mengeluarkan budget untuk membuat iklan.

Tapi, ada solusi lain. Yaitu kita jualan dengan menggunakan akun personal facebook.  Jadi kita mengoptimalkan akun personal facebook untuk jualan.

Baca : Cara Membuat Akun Jualan Facebook

4. Cara Optimasi Akun Profil Facebook

Setelah membuat akun facebook, maka langkah selanjutnya adalah mengoptimisasinya. Lho kenapa perlu di optimasi? Jawabannya simple, biar akunnya terkenal = profit naik.

Buat apa juga kita buat akun jualan tapi tidak ada orang yang tahu? Nah, supaya orang tertarik mengunjungi akun kita maka otomatis kita wajib untuk mempercantik akun facebook kita.

Baca : Cara Optimasi Akun Facebook

5. Cara Membuat Grup Facebook

Salah satu fitur penting facebook adalah Group. Dengan adanya group kita bisa saling berkumpul dengan orang-orang yang memiliki kepentingan sama dengan kita. Misalkan kita bisa membuat grup kelas, dimana dalam grup itu kita bisa saling bertukar informasi, saling kirim file, dll.

Atau juga kita bisa join di grup-grup yang sehobi dengan kita. Misal, grup tentang memasak, grup politik, dll.

Baca : Cara Membuat Group di Facebook

6. Cara Membuat Status di Facebook

Status? Kok dasar banget sih? Ya emang, karena tutorial ini saya tujukan bagi orang yang benar-benar awam. Sangat penting kiranya untuk mengetahui dan bisa menggunakan segala macam fitur-fitur facebook yang ada.

Baca : Cara Membuat Status Facebook

7. Cara Mendapatkan Backlink Facebook

Backlink adalah salah satu parameter penting dalam Search Engine Optimization (SEO). Nah, salah satu sumber backlink yang cukup diperhitungkan google adalah backlink dari sosial media salah satunya adalah backlink lewat facebook.

Coba bayangkan, misal kamu mengeshare status yang ternyata VIRAL dan didalam status viral itu ada link webstie kamu berapa banyak backlink yang akan didapat dari status viral tersebut?

Baca : Cara Mencari Backlink di Facebook

8. Cara Mendapatkan Ribuan Add Friend (Permintaan Pertemanan)

Nah, ini adalah cara yang paling keren, siapa sih yang gak suka kalau akun jualan kita di-add oleh banyak orang? Bukan kita yang ngeadd tapi kita yang di add.

Dengan tips ini, kita bisa mendapatkan puluhan bahkan ratusan permintaan pertemanan perhari dan tertarget. Jadi jika kita buat akun jualan dan itu di add oleh banyak orang tentunya yang ngeadd kita itu orang yang butuh bukan?

Baca : Cara Mendapat Ribuan Permintaan Pertemanan

Nah itu tadi adalah beberapa tutorial facebook marketing yang bisa kami share. Meskipun kami share gratis bukan berarti tutorial ini MURAHAN, ilmu ini jika dijual di workshop bernilai jutaan rupiah tetapi kami share gratis di sini! Dengan harapan semua orang dapat berjualan online dengan baik, tepat, dan profitnya naik.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: