10 Etika dalam Bisnis yang Wajib Anda Miliki untuk Bisa Sukses!

Dunia bisnis memang selalu menarik untuk dipelajari. Salah satu hal yang menentukan keberhasilan bisnis anda adalah pemenuhan etika dalam berbisnis. Di ketatnya persaingan industri masa sekarang, tentu saja tidak cukup hanya berkarisma tanpa diimbangi dengan hati nurani yang baik ataupun tidak cukup dengan kepintaran tanpa diimbangi dengan karakter yang baik.

Segala hal yang diperlukan dalam berbisnis seperti ambisi, inovasi, dan juga semangat berkompetisi tetap harus diimbangi dengan adanya etika dan profesionalisme demi kemajuan dan keberhasilan bisnis yang sedang dijalankan. Nah, dalam artikel ini akan kami uraikan beberapa etika berbisnis yang sebaiknya anda punyai jika ingin bisnis anda berjalan lancar, maju, berkembang, dan berhasil. Adapun etika bisnis tersebut diantaranya adalah :

1. Jujur dalam berkomunikasi dan jujur dalam bersikap

Kejujuran adalah satu poin yang sangat penting dalam mewujudkan kesuksesan dan membangun sikap kepercayaan dari klien anda. Sikap jujur ini sangat dibutuhkan dalam segala hal baik itu dalam berkomunikasi maupun bersikap.

2. Berintegritas

Sebagai seorang pemimpin dari sebuah perusahaan, tentunya memperoleh kepercayaan dari orang lain didasarkan atas sikap integritas yang dimiliki. Membangun integritas memang tidak mudah karena anda harus berhadapan dengan berbagai kepentingan lainnya yang seringkali menyiksa batin dan pikiran anda. Namun sikap ini sangat dibutuhkan demi memajukan bisnis yang sedang anda pimpin.

3. Tidak ingkar janji dan taat komitmen

Pebisnis yang handal tentunya dapat dipercaya karena ia akan terus berusaha untuk memenuhi segala macam janji yang diberikan. Ia juga akan berkomitmen tinggi untuk dapat memenuhi apapun yang pernah ia janjikan. Segala target dan tujuan yang ditetapkan pun akan ia usahakan untuk dapat tercapai.

4. Loyal

Prinsip loyalitas dan sikap yang loyal menjadi salah satu hal yang juga diperlukan dalam berbisnis karena jika tidak terpenuhi prinsip ini, tentunya akan menimbulkan konflik yang akan menghambat kemajuan bisnis anda. Loyalitas dapat ditunjukkan melalui pelaksanaan pekerjaan yang disesuaikan dengan visi dan misi perusahaan. Selain itu, dalam sikap loyal anda juga dituntut untuk tidak mencampurkan urusan pribadi dengan urusan kantor.

5. Adil

Keadilan adalah hal yang sangat penting dalam tiap tiap pebisnis. Kebanyakan dari orang yang benar benar bersikap adil tidak akan memanfaatkan kedudukan dan kekuatannya untuk bersikap superior. Mereka akan selalu menempatkan karyawan dan pekerjanya dalam kedudukan yang adil dan sesuai dengan porsinya.

6. Peduli

Pribadi yang menunjukkan adanya kepeduliand apat mendukung bisnis yang sedang dijalankan. Jika anda mempunyai sikap kepedulian yang tinggi dalam mengambil keputusan, tentunya anda akan membuat kebijakan yang tidak merugikan satu pihak pun dalam bisnis yang anda jalani.

7. Berikan Penghargaan

Agar bisnis anda dapat terus lancar, maka anda harus rajin memberi reward bagi tiap tiap karyawan dan pekerja anda yang sudah bersikap profesional sebagai salah satu bentuk penghargaan dan rasa terimakasih atas jasa mereka dalam membangun dan menjalankan bisnis yang anda kelola.

8. Taat aturan

Berbagai aturan dalam dunia bisnis memang dibuat untuk ditaati. Untuk itu, sebagai pebisnis yang handal dan disegani, anda harus menaati segala macam aturan yang ada.

9. Berjiwa pemimpin

Jika anda mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik serta mampu menyadari berbagai tanggung jawab yang dipikul, maka bukan tidak mungkin bisnis anda akan berjalan dengan lancar. Anda juga harus dapat memberikan motivasi pada pekerja dan bawahan anda agar mampu memberikan performa yang paling baik dalam bekerja.

10. Jaga reputasi

Terakhir, seorang pebisnis harus mampu menjaga reputasi dan nama baik perusahannya berikut segala macam hal yang berkaitan dengannya. Inilah yang menjadi kunci untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan dari klien.

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: