5 Unsur Penting Dalam Strategi Pemasaran

Unsur unsur dalam strategi pemasaran ini dibutuhkan agar kegiatan marketing atau pemasaran anda dapat menghasilkan banyak keuntungan dan mendatangkan banyak kebaikan bagi entitas bisnis yang sedang anda jalani. Ada sedikitnya 5 unsur penting dalam strategi pemasaran yang harus anda ketahui dan terapkan sebagaimana akan diuraikan berikut ini.

1. Penentuan Pasar

Makna pasar sangatlah luas, maka dari itu Pengusaha yang dalam hal ini merupakan manajemen pemasaran harus mampu memutuskan, memilih dengan tepat pada suatu bagian tertentu, pasar mana yang akan dilayani dan menjadi sasaran dari bisnisnya. Hal ini harus dilakukan agar pemasaran menjadi fokus.

Anda perlu menentukan segmentasi pemasaran. Hal ini merupakan awal dari semua upaya pemasaran dan perlu mendapatkan perhatian yang cukup serius. Segmentasi pemasaran merupakan upaya pengklasifikasian atau pengelompokan pasar untuk mempermudah bagaimana nantinya sebuah pasar akan diperlakukan karena sudah pasti modal dalam suatu bisnis adalah terbatas, maka dari itu sebisa mungkin dana yang tersedia digunakan secara efektif.

Melakukan pendekatan ke semua lapisan masyarakat tentunya akan menghabiskan banyak tenaga, biaya, dan juga waktu sehingga menjadi tidak efektif karena tidak semua target menggunakan layanan online. Segmentasi pasar ini sejatinya merupakan awal dari strategi pemasaran agar produk maupun jasa nantinya dapat benar benar di setting sedemikian rupa sesuai dengan keinginan pasar. Pasar yang tersegmentasi dengan tepat dalam permulaan usaha akan membuat dana yang telah dipersiapkan menjadi efektif.

2. Perencanaan Produk

Sebelum melaunching produk di pasaran, hendaknya manajemen pemasaran membuat perencanaan produk yang disesuaikan dengan target pasar. Misalnya dengan menentukan besaran volume produk, iklan, dan juga tokoh yang ada dalam suatu iklan. Setiap detail baik itu iklan maupun hal hal yang terkait dengan pemasaran produk hendaknya memang harus direncanakan terlebih dulu agar menjadi efektif dan efisien dalam pelaksanaannya.

3. Manajemen Harga

Hal ini merupakan suatu upaya yang strategis dan bahkan menjadi upaya yang paling strategis dalam memulai bisnis. Diawali dengan perhitungan yang matang dalam internal perusahaan, kemudian bandingkan dengan harga pesaing. Manajemen harga ini dapat dimulai dari cara yang sederhana yaitu harga saat promosi, harga eceran, harga reseller, harga agen, dan harga lainnya.

4. Distribusi

Distribusi merupakan salah satu bagian dari strategi pemasaran yang berkaitan dengan efisiensi dan efektivitas. Melalui upaya distribusi, nantinya akan diperoleh kepuasan dari 3 pihak, yaitu produsen, agen, dan juga konsumen. Distribusi merupakan upaya yang dampaknya akan dirasakan oleh semua pihak yang terkait dalam sebuah pemasaran produk karena merupakan satu kesatuan layaknya mata rantai.

5. Komunikasi dan Promosi

Perihal komunikasi memang sudah sepatutnya disusun sedemikian rupa dengan baik dan benar karena sektor ini akan menjadi awal dari pertemuan dan awal dari adanya hubungan berupa berbagai macam informasi. Dalam komunikasi meliputi pula penerapan pendekatan dalam pemasaran, sistem publikasi promosi penjualan, hubungan dengan relasi, penjualan secara langsung, serta pembentukan media yang mendukung. Komunikasi yang baik dan tepat tentunya akan memberikan dampak yang positif sehingga menciptakan persepsi yang baik di dalam sebuah pasar.

Dalam sebuah upaya strategi pemasaran memang setiap detail unsur yang ada dan pekerjaan yang dilakukan harus dikerjakan dengan kreatif dan komunikatif demi menjual barang atau jasa yang ditawarkan oleh entitas bisnis anda. Maka dari itu, sektor pemasaran memerlukan sumber daya manusia yang mendukung pengembangan strategi pemasaran demi mencapai tujuan dari entitas bisnis anda. Sekian informasi yang bisa diberikan, sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Cari Artikel di Sini


5 Unsur Penting Dalam Strategi Pemasaran | Admin | 4.5
%d bloggers like this: