Prinsip Dasar Ekonomi Manajemen dan Pengertiannya

Ekonomi Manajemen – Pengertian ekonomi manajemen adalah aplikasi dari teori ekonomi dan perangkat analisis ilmu keputusan. Dimana hal ini digunakan untuk membahas bagaimana cara suatu organisasi dapat mencapai tujuannya secara efisien.

Dalam artikel-artkel sebelumnya kita sudah tahu bahwa seorang manajer itu harus menguasai berbagai bidang ilmu lainnya. Salah satu bidang yang penting adalah ekonomi. Karena pada dasarnya kegiatan manajemen adalah mengelola sumber daya yang salah satunya adalah uang.

Dari hal itulah muncul istilah ekonomi manajemen atau ekonomi  manajerial. Lalu apa itu ekonomi manajemen? Nah dalam tulisan kali ini kita akan mengetahui bersama semua tentang ekonomi manajemen. Mari kita mulai dari pengertian ekonomi manajemen.

Ekonomi Manajemen

Pengertian Ekonomi Manajemen

Bersumber dari wikipedia.org, ekonomi manajemen adalah aplikasi dari teori ekonomi dan perangkat analisis ilmu keputusan. Dimana hal ini digunakan untuk membahas bagaimana cara suatu organisasi dapat mencapai tujuannya secara efisien.

Artikel Lain : Info Giro Bank Mandiri, Keuntungan dan Syarat-syaratnya

Dari sumber lain yaitu collinsdictionary.com, ekonomi manajemen berarti pengelolaan sumber daya, keuangan, pendapatan, dan pengeluaran dari masyarakat, agar tujuan yangg diinginkan dapat terlaksana dengan baik.

Nah berdasarkan kedua sumber ini kita bisa mendapatkan gambaran bahwa ekonomi manajemen ini merupakan proses manajemen yang didalamnya menerapkan teori-teori ekonomi. Nantinya teori ini digunakan untuk membantu manajemen melakukan pengambilan keputusan yang tepat bagi suatu perusahaan.

Prinsip Dasar Ekonomi Manajemen

Sebagai pegangan seorang manajer sebelum memanfaatkan ekonomi manajemen, ia harus memiliki atau mempunyai tiga dasar dari ekonomi manajemen. Ketiga dasar tersebut adalah teori ekonomi, ilmu pengambilan keputusan, dan ilmu administrasi bisnis.

Artikel Lain : Pengertian Akuntansi Berdasarkan Beberapa Pandangan

Teori Ekonomi

Prinsip dasar ini berguna untuk memprediksi serta menerangkan tingkah laku ekonomi. Dalam ilmu ekonomi pada umumnya dimulai dengan suatu model, dimana model ini nanti akan menggambarkan suatu kejadian dan mengidentifikasi berbagai faktor yang terdapat didalamnya.

Teori ekonomi ini terbagi menjadi dua yaitu ekonomi mikro dan ekonomi makro. Ekonomi mikro sendiri mempelajari tingkah laku ekonomi secara individu. Sedangkan ekonomi makro melihatnya tingkah laku ekonomi secara agregat melalui hal seperti output, pendapatan, investasi, keseluruhan harga atau harga total.

Ilmu Pengambilan Keputusan

Dalam pengambilan keputusan pada ekonomi manajemen perangkat yang digunakan adalah matematika ekonomi dan juga ekonometrik. Kedua ilmu ini berguna untuk membentuk serta mengestimasi model pada perilaku optimal suatu perusahaan.

Artikel Lain : Cara Mudah Membuat Status di BBM

Matematika ekonomi ini dipakai untuk membentuk model ekonomi yang dipaparkan oleh teori ekonomi ekonometrik. Model ini menggunakan peralatan statistik pada perangkat dunia nyata untuk mengestimasi model yang dipostulatkan oleh teori ekonomi yaitu untuk peramalan atau estimasi.

Ilmu Administrasi Bisnis

Salah satu hal yang harus dikuasai manajemen adalah ilmu administrasi bisnis karena berbagai fungsi administrasi yang dimilikinya. Area fungsi administrasi tersebut diantaranya meliputi: akuntansi, keuangan, pemasaran, manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) dan produksi.

Jadi pada dasarnya ekonomi manajemen adalah perpaduan antara teori ekonomi, ilmu pengambilan keputusan, dan juga area fungsional ilmu administrasi Bisnis, yang membahas bagaimana interaksi antara satu sama lain pada organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan secara efisien.

Artikel Lain : Manajemen Laba, Strategi dalam Akuntansi

Sifat dan Permasalahan dalam Ekonomi Manajemen

Berdasarkan prinsip dasarnya ekonomi manajerial sering disebut juga sebagai ekonomi mikro terapan, karena penerapan metode dalam proses pengambilan keputusan manjerialnya. Ekonomi manajerial dapat mengembangkan prinsip ilmu ekonomi untuk meningkatkan keefektifan saat mengambil keputusan.

Dalam setiap hal pasti selalu ada kendala yang menghambat jalannya proses tidak terkecuali dala proses manajemen. Permasalahan yang timbul dalam proses manajemen biasanya adalah perbedaan antara ekspektasi dan realita yang dihadapi manajer seorang manajer, masalah tersebut biasanya seperti berikut:

  • Penentuan tingkatan harga maupun keluaran produk yang sesuai pasar.
  • Pemilihan tehnik industri dan teknologi yang digunakan.
  • Jumlah persediaan.
  • Pemilihan media promosi atau media periklanan.
  • Pendanaan.
  • Pelatihan tenaga kerja atau skill tenaga kerja.

Artikel Lain : Langkah-Langkah Manajemen Berbasis Sekolah Beserta Definisinya

Nah itulah sedikit tentang ekonomi manajemen. Ekonomi manajerial ini dapat membantu para manajer dalam mempengaruhi kinerja dan perilaku manajerial ekonomi. Dengan memanfaatkan beberapa analisis seperti Metode kuantitif, ekonometri dan konsep manajemen yang strategis tujuan perusahaan dapat tercapai dengan efektif.

Saya mohon maaf untuk kesalahan yang terdapat dalam tulisan. Semoga tulisan ini dapat  bermanfaat dana menambah wawasan anda. Saya cukupkan sekian dan terima kasih banyak sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Apabila anda memiliki pertanyaan atau kritik serta saran untuk tulisan ini dapat anda sampaikan melalui kotak komentar yang tersedia di bawah. Sekali lagi terima kasih banyak


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: