Pengertian Singkat Ekonomi Energi

Ekonomi Energi

Ekonomi Energi – Ekonomi memang sangat luas penjabarannya salah satunya adalah ekonomi energi. Ekonomi energi sendiri merupakan konsep komprehensif yang dikeluarkan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai salah satu cara dan upaya untuk mengatasi krisi ekonomi global.

Secara umum pengertian ekonomi energi adalah model ekonomi yang menekankan upaya untuk memperbaiki taraf hidp manusia yang secara waktu bersamaan mengurangi dampak kerusakan lingkungan. Konsep ini tidak ada yang salah, tetapi ada sebagian kelompok organisasi penyelamat lingkungan yang menggambarkan konsep ini sebagai upaya untuk finansialiasasi alam. Mungkin anggapan ini ada benarnya, tetapi tetap tidak sepenuhnya benar.

Ekonomi energi merupakan sebuah konsep model pembangunan ekonomi dengan 3 buah pilar kebijakan utama, yaitu :

  1. Kebijakan ekonomi rendah karbon
  2. Hemat Energi
  3. Melibatkan orang banyak

Yang menjadi problem / masalah utama dalam penerapan ekonomi energi itu sendiri adalah sejauh mana kefektifitasan serta implementasi dari konsep ekonomi energi lebih-lebih di Indonesia.

Dalam kondisi ekonomi yang sedang tumbuh pesat ini tentu saja membutuhkan konsumsi energi yang tidak sedikit, disaat yang bersamaan cadangan energi kian menipis karena mayoritas disupply oleh SDA yang tidak dapat diperbarui.

Karena dasar itulah ekonomi energi hadir untuk menjawab problem tersebut. Ekonomi energi yang digagas PBB ini juga di dukung oleh negara-negara maju secara ekonomi karena mereka menyadari peran pentingnya ekonomi energi dalam perekonomian mereka.

Tetapi, untuk negara-negara yang sedang berkembang lainnya alih-alih ingin fokus pada upaya penciptaan model perekonomian yang benar-benar model ekonomi energi, kontekstualisasi pelaksanaan energi di Indoensia menjadi salah kaprah karena ekonomi energi hanya ditafsirkan sebagai upaya untuk mengurangi gas karbon tanpa adanya penciptaan sebuah model perekonomian yang berkelanjutan serta ramah lingkungan dengan basis pada kefeisiensi energi, karbon rendah serta melibatkan orang banyak.

Penerapan ekonomi energi di Inoensiapun juga belum melibatkan pihak banyak. Dari sembilan sektor prioritas ekonomi energi, sektor pertanian (agraris) belum dijadikan sektor prioritas utama bagi Indonesia. Padahal, seperti yang kita tahu 60% penduduk kurang mampu disumbangkan oleh sektor pertanian ini.

Tidak seperti India, mereka menginvestasikan modal yang besar untuk sektor ekonomi dalam rangka realisasi ekonomi Energi di negaranya. Sektor ekonomi di Indonesia masih dianggap remen dan seelah mata oleh pemerintah kita senddiri. Misalkan, belanja dan pembangunan infrastruktur pertanian seperti irigasi, dll hanya 3 Trilyun saja. Masih jauh dari kebutuhan yang itu baru mengkover 30an% saja kebutuhan di tahun 2011.

Munkin itu saja artikel singkat tentang ekonomi energi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terimakasih.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Singkat Ekonomi Energi | Rocket Manajemen | 4.5
%d bloggers like this: