Bagaimana Perkembangan Ekonomi Brunei ?

negara Brunei

Ekonomi Brunei Darussalam – Brunei merupakan salah satu negara yang berada di zona Asia tenggara bersama Indonesia. Brunei merupakan negara yang tidak terlalu luas akan tetapi punya kemauan ekonomi yang cukup hebat.

Seperti dikutip dari wikipedia.com merupakan negara yang berada di utara pulau Kalimantan, yang punya luas 5.765 km2. Negar ini menempati pada pulau Borneo dengan garis pantai seluruhnya menyentuh kedalam Laut Cina Selatan.

Wilayahnya juga dipisahkan ke dalam dua negara bagian di Malaysia yaitu Sarawak. Nah mungkin dengan wilayah yang tak cukup luas tersebut pemerintahannya dapat mengelola sumber daya yang ada dalam negara tersebut.

Pada akhir-akhir ini Brunei mempunyai Indeks Pembangunan Manusia yang tinggi, sehingga menempati urutan kedua pada Asia tenggara setelah Singapura. Brunei pun dapat diklasifikasikan sebagai negara maju.

Hal tersebut mengejutkan karena dengan wilayahnya cukup kecil bila kita bandingkan dengan Indonesia. Pada sektor keseimbangan kemampuan berbelanja Brunei punya produk domestik bruto perkapita terbesar kelima, hal ini menurut Dana Moneter Internasional.

negara Brunei

bendera dari negara Brunei Darussalam (image : google)

Sedangkan untuk Forbes sendiri menempatkan Brunei pada posisi kelima dari 182 negara hal ini disebabkan oleh kepemilikan ladang minyak bumi seta gas alam yang cukup luas.

Hal ini juga didukung oleh ketegasan serta kemakmurannya dalam menjalankan serta melaksanakan syariat Islam, baik itu dalam bidang pemerintahan beserta kehidupan bermasyarakat.

Kalau berdasarkan PDB Brunei menempati urutan ke seratus empat puluh sembilan (149). Akan tetapi bila kita berbicara PBD per kapita negara Brunei ini menempati posisi yang cukup bagus yaitu pada posisi kedelapan.

Pendapatan atau penghasilan terbanyak negara Brunei ini disumbang pada sektor industri dalam hal ini adalah industri minyak bumi serta pengolahannya. Dalam hal ini Brunei harus mempunyai mitra untuk dapat mengeksplor hasil olahan minyak bumi tersebut.

Nah berikut ini merupakan mitra dari negara Brunei dalam mengekspor minyaknya, Jepang, Australia, Afrika selatan, Amerika Serikat serta Negara kita Indonesia.

Negara Brunei ini bergabung dalam beberapa organisasi internasional dalam bidang ekonomi seperti APEC, ASEAN serta WTO. Nah untuk mata uangnya sendiri adalah Dollar Brunei, akan tetapi tidak sama dengan Dollar Amerika Serikat.

Kita harusnya malu , kita punya apa? Banyak, SDA melimpah hanya saja SDM kita yang masih cukup lemah untuk dapat mengelola SDA yang ada.

Cari Artikel di Sini


Bagaimana Perkembangan Ekonomi Brunei ? | Admin | 4.5
%d bloggers like this: