Bagaimana Perkembangan Ekonomi Belanda? part 2

ekonomi belanda

Ekonomi Belanda – Pada artikel yang sebelumnya kita telah membahas tentang ekonomi Belanda, akan tetapi kita belum membahas semuanya. Nah untuk kali ini kita akan melanjutkan membahas ekonomi Belanda yang belum dibahas.

Akan tetapi bila belum membaca yang sebelumnya silahkan klik disini. Mari kita lanjutkan kembali membahas bahasan kita.

Belanda mempunyai ekonomi terbesar keenam belas di dunia serta terbesar keenama di Uni Eropa. Belanda mmepunya ekonomi yang terbuka, walaupun mengalami penurunan pada tahun 2008 dan 2009.

Akan tetapi penururn Belanda ini tidak lebih besar dari penurunan PDB untuk semua zona euro. Akan tetapi Belanda juga menunjukkna pertumbuhan ekonomi yang baik bila dibandingkan dengan anggota dari Uni Eropa serta Amerika Serikat.

ekonomi belanda

seorang yang sedang menunjukkan proyek (image : google)

CPB (biro analissi kebijakan ekonomi Belanda) mengharapkan bahwa terjadinya defisit anggran Belanda akan menjadi 4,5% pada tahun 2013. Sedangkan meurut penelitian oleh Biro Belanda untuk analisis kebijkan ekonomi, pendapatnnya dihasilkan oleh ekspor barang serta jasa (33%).

Belanda juga menempati posisi yang bagus yaitu posisi keima sebagi eksportir terbesar di dunia. Pada tahun 2010 saja total ekspor Belanda sekitar 574 miliar dolar AS. Akan tetapi Belanda juga mengimpor beberapa barang.

Belanda menghabiskan dana sebesar 518 mliar dolar AS pada tahun 2010 untuk mengimpor barang, yang mana menempatkan Belanda keposisi 7 importir terbesar di dunia. Akan tetapi Belanda adalah salah satu yang terendah untuk tingkat penganggurannya.

Sedangkan menurut Badan Penanaman Modal Asing, Belanda menyediakan kemudahan untuk sekitar 8.000 perusahaan asing. Untuk ekspor sebesar €404.600.000.000 itu terjadi pada tahun 2011, naik sekitar 8,9% pada tahun sebelumnya.

Perdagangan ekspor Belanda adalah terbesar kedua setelah Jerman. Belanda juga adalah eksportir yang signifikan dari layanan komersial, sebesar 111,1 miliar dolar AS pada tahun 2010.

Adapun mitra ekspor Belanda pada tahun 2011 adalah Jerman (24,1%), Belgia (12,1%), Perancis (8,9%), Inggris (8%), Italia (4,8%) serta AS (4,1%).

Sedangkan tahun 2011 mitra Belanda yang paling signifikan impor adalah Jerman (16,7%), Belgia (10%), China (8,4%), Inggris (6,7%), AS (6,6%) serta Perancis (4,6%).

Belanda juga merupakan eksporit terbesar kedua di bidang produk pertanian, untuk peringkat satunya siapa lagi kalau bukan Amerika Serikat. Belanda merupakan salah satu diantara tiga produsen utama sayur serta buah di dunia.

Kekuatan utama pendorong dari ekonomi Belanda adalah para agrobisnis. Pemerintah Belanda juga mengatakan bahwa sektor pertania adalah fokus yang berkelanjutan sehingga akan membuat perekonomian yang kuat.

Nah itu bagian yang kedua dari ekonomi Belanda, tapi masih ada bagian yang selanjutnya untuk artikel ini nantikan saja ok. Terima kasih semua.

Cari Artikel di Sini


Bagaimana Perkembangan Ekonomi Belanda? part 2 | Rocket Manajemen | 4.5
%d bloggers like this: