Solusi Tidak Bisa Mengunduh Dan Mengirimkan File Di Whatsapp

Whatsapp kian hari kian diminati oleh banyak orang. Fitur-fitur yang menarik menjadi salah satu alasan utama orang-orang melakukan pemasangan whatsapp pada smartphonenya.

Namun dari sekian banyak fitur-fitur yang ditawarkan, pasti dari sekian banyak pengguna whatsapp pernah mengalami permasalahan tidak bisa melakukan pengunduhan atau mengirimkan file media (foto, video, atau pesan suara).

Nah, kali ini kami akan membahas apasaja penyebab dari permasalahan tidak bisa mengunduh dan mengirimkan foto, video atau pesan suara, serta solusi dalam mengatasi masalah tersebut. Baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui tips-tips dari kami.

Penyebab tidak bisa mengunduh dan mengirimkan file di whatsapp

1. Terdapat masalah koneksi internet pada smartphone kamu.

Ini adalah masalah utama yang seringkali dialami oleh pengguna whatsapp. Dengan tidak adanya koneksi internet pada smartphone, maka kamu tentu saja tidak akan bisa melakukan pengunduhan maupun pengiriman file melalui aplikasi whatsapp. Solusinya adalah cek kembali koneksi internet kamu dengan melakukan browsing melalui browser smartphone kamu. Pastikan kamu terhubung dengan internet. Jika kamu dapat melakukan browsing maka masalah bukan terletak pada koneksi internet kamu.

2. Tanggal dan waktu pada smartphone tidak diatur dengan benar.

Pengaturan tanggal dan waktu yang salah pada smartphone juga menjadi penyebab kita tidak bisa mengunduh dan mengirimkan file media melalui whatsapp. Hal ini dikarenakan ketika pengaturan tanggal dan waktunya salah, maka kita tidak akan bisa terhubung ke server whatsapp untuk melakukan pengunduhan maupun pengiriman file media. Jadi solusinya adalah pastikan bahwa pengaturan tanggal dan waktu pada smartphone sudah benar agar kita bisa terhubung ke server whatsapp.

3. Terdapat masalah pada kartu SD kita.

Bagi kamu yang melakukan penyimpanan whatsapp menggunakan kartu SD, mungkin masalahmu termasuk kedalam sini. Jika terjadi masalah pada kartu SD, maka ada 3 penyebab umum. Yang pertama adalah tidak ada cukup memori di dalam kartu SD. Tentu saja ketika kamu melakukan penyimpanan whatsapp pada kartu SD dan kartu SD kamu sudah penuh, maka kamu tidak bisa mengunduh file media dari whatsapp. Kamu perlu menghapus terlebih dahulu beberapa file agar menyisakan ruang memori yang cukup.

Penyebab masalah kartu SD yang kedua adalah kartu SD diatur dalam mode hanya baca (read only). Ketika kartu SD dalam mode read only, maka kamu tidak bisa menambahkan file pada kartu SD tersebut. Sehingga menyebabkan kamu tidak bisa mengunduh file media dari whatsapp.

Penyebab masalah kartu SD yang ketiga adalah kartu SD sudah rusak. Ketika kartu SD sudah rusak maka kamu pun tidak bisa melakukan penyimpanan whatsapp menggunakan kartu SD dan tidak bisa mengirimkan file yang terdapat pada kartu SD tersebut. Solusinya tentu saja kamu harus mengganti kartu SD kamu.

4. Terdapat masalah pada whatsapp.

Jika dari ketiga penyebab di atas tetap tidak kamu temui masalahnya, maka kemungkinan besar masalah ada pada whatsapp. Untuk mengatasi masalah ini cobalah untuk merestart smartphone. Jika setelah restart smastphone masalah tetap belum teratasi, maka kamu perlu menginstall ulang whatsapp.

Nah, itu tadi beberapa penyebab kita tidak bisa mengunduh dan mengirimkan file media di whatsapp serta solusi mengatasi masalah tersebut. Semoga dapat membantumu ketika kamu mengalami hal tersebut.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: