Pengertian Zakat Mal Dan Syarat-Syaratnya

Pengertian zakat mal adalah zakat harta yang hukum wajib untuk dikeluarkan bagi seorang Muslim ketika harta tersebut sudah mencapai pada nisabnya, atau mencapau jumlah yang telah ditentukan. Sedangkan berbicara dengan landasan hukum kaitannya dengan zakat mal, anda bisa membuka al-Qur’an surat al Baqarah ayat 267.

Dengan kata lain, bahwa setiap Muslim memang diwajibkan untuk mengeluarkan sebagian dari harta untuk men-zakatkan terhadap harta benda yang mereka punyai. Besaran zakat yang dikeluarkan atas sebuah harta atau benda tersebut juga berbeda-beda, tergantung dari jenis harta dan benda yang mereka punyai.

Syarat-syarat Zakat Mal

Setelah anda mengetahui pengertian zakat mal, selanjutnya ialah saya akan memberikan sedikit ulasan kaitannya dengan syarat-syarat zakat mal. Adapun syarat pertama yang perlu anda ketahui ialah harta yang akan dizakatkan merupakan milik pribadi yang orang yang akan membayar zakat tersebut memiliki harta tersebut secara penuh. Dengan demikian, harta yang akan anda zakatkan merupakan harta anda sendiri, bukan harta orang lain.

Selain itu, syarat selanjutnya ialah bahwa harta yang akan dizakatkan tersebut merupakan jenis harta yang bisa berkembang. Dengan kata lain,harta tersebut memiliki potensi untuk terus berkembang. Syarat selanjutnya atau syarat ketiga ialah bahwa harta tersebut harus sudah mencapai nisabnya.

Atau minimal harta yang harus dizakatkan, jika memang harta anda belum mencapai nisab, maka anda tidak berkewajiban untuk menafkahkan harta anda. Selain itu, hitungan kaitannya dengan nisab untuk zakat mal juga berbeda-beda tergantung benda atau harta yang akan dizakati.

Selain itu, syarat selanjutnya yang harus anda penuhi ketika anda ingin men-zakatkan harta anda ialah bahwa harta tersebut sudah melebihi kebutuhan pokok,artinya ialah bahwa orang yang memiliki harta yang sudah melebihi kebutuhan pokok, maka mereka dikenakan untuk melakukan zakat mal. Selain itu, orang yang akan mengeluarkan harta juga tidak sedang memiliki hutang dan harta tersebut sudah mencapai satu tahun atau haul. Itulah beberapa hal yang bisa kita ketahui mengenai pengertian zakat mal.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Zakat Mal Dan Syarat-Syaratnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: