Pengertian Zakat Fitrah – Syarat Wajib Dan Rukunnya

Pengertian Zakat Fitrah secara umum adalah mensucikan atau membersihkan diri. Menurut istilah, zakat fitrah merupakan kekayaan atau harta benda yang wajib dikeluarkan kepada orang yang berhak atau mustahiq setelah menjalankan ibadah puasa penuh selama kurang lebih 30 hari di bulan Ramadhan. Zakat tersebut besaran dan juga hal lainnya diatur dalam ketentuan dan juga syarat yang berlaku sesuai dengan syariat Islam.

Hukum membayar zakat fitrah itu wajib bagi Muslim yang mampu, kata mampu ini memang ada sedikit perbedaan pendapat dari para ulama. Ada yang mengatakan bahwa mampu itu ketika masih ada makanan yang bisa dimakan untuk keesokan harinya maka orang tersebut dikategorikan sebagai orang yang mampu dan dikenakan kewajiban untuk membayar zakat fitrah.

Syarat Wajib zakat Fitrah

Pada pembahasan sebelumnya dalam pengertian zakat fitrah telah sedikit dibahas mengenai siapa yang tergolong wajib untuk membayar zakat fitrah dan siapa juga yang tidak wajib untuk membayar zakat fitrah.

Bagi Muslim yang wajib membayar zakat fitrah diantaranya harus memenuhi criteria sebagai berikut. Syarat pertama ialah orang yang akan berzakat tersebut harus beragama Islam baik yang mengeluarkan zakatnya sendiri dan juga diwakilkan ketika hendak menyalurkan zakat fitrah.

Selain itu, zakat fitrah harus segera dibayarkan ketika masih dalam bulan ramadhan dan batas paling akhir ialah sebelum sholat ied. Syarat wajib selanjutnya ialah bahwa orang tersebut harus tergolong orang yang mampu untuk membayar zakat tersebut, jika memang orang tersebut tidak mampu untuk membayar zakat tersebut, maka orang tersebut tidak berkewajiban mengelurakan zakat namun akan mendapatkan zakat tersebut.

Rukun Zakat Fitrah

Untuk rukun zakat fitrah, ada beberapa rukun yang harus dipenuhi dan diantaranya ialah bahwa orang yang akan berzakat tersebut harus ikhlas karena Allah. Ada orang yang memberikan zakat. Selain itu, ada juga yang menerima zakat. Kemudian, adanya makanan pokok yang akan dizakatkan dan terakhir, ada takaran atau jumlah makanan pokok yang akan dizakatkan. Itulah sedikit pembahasan mengenai pengertian zakat fitrah

Cari Artikel di Sini


Pengertian Zakat Fitrah – Syarat Wajib Dan Rukunnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: