Pengertian Windows (Sistem Operasi/OS) dan Sejarahnya

Pengertian windows adalah keluarga atau generasi sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan Microsft yang menggunakan tampilan antarmuka (user interface) pengguna grafis. Sistem operasi windows saat ini telah berevolusi mulai dari MS-DOS yaitu sebuah sistem operasi yang berbasis pada modus teks dan command-line.

SEJARAH SINGKAT SISTEM OPERASI MICROSOFT WINDOWS

Versi windows dimulai dari DosShell for DOS 6 buatan Microsoft karena keinginan dari Microsoft untuk bersaing dengan larisnya penjualan Apple Macintosh yang menggunakan sistem GUI. Kemudian Microsoft, mengeluarkan windows versi 2 yang bisa diinstall program. Sedangkan windows versi 3 menjanjikan aplikasi tambahan yang lebih kompleks, user interface yang friendly, dan kemudahan konfigurasi. Setelah itu, mulai bermunculan windows versi terbaru yang merupakan pengembangan dari perusahaan Microsoft dengan beragam kebaikan dan inovasi yang ditawarkan kepada penggunanya.

SISTEM OPERASI WINDOWS SERVER 2000

Dirilis pada 17 Februari 2000 yang ditujukan bagi pasar workstation dan pasar server. Fitur yang paling signifikan adalah active directory, sebuah model jaringan pengganti jaringan NT domain yang memakai teknologi standar industri seperti DNS LDAP dan kerberos.

SISTEM OPERASI WINDOWS SERVER 2003

Windows ini dikhususkan bagi pasar server koporat. Nomor versi internal dari windows ini adalah Microsoft Windows NT 5.2 build 3790 yang pada sebelumnya diketahui diberi nama .NET server, windows .NET server, whistler server atau Windows XP Server.

SISTEM OPERASI WINDOWS HPC SERVER 2008

Windows ini diperuntukkan bagi komputer dengan penampilan dan performa yang tinggi. sistem windows ini merupakan pengembangan dari versi pendahulunya yang disebut sebagai windows server 2003. Windows server ini pernah diungkap Bill Gates sebagai new name of windows server loghorn.

SISTEM OPERASI WINDOWS SERVER 2008 R2

Pada mulanya, windows ini diberi nama windows server 7 yang berguna untuk server dari perusahaan microsoft dan diterbitkan pada 22 Oktober 2009 bersamaan dengan windows 7. Sistem ini pengembangan dari sistem pendahulunya yaitu windows server 2008.

SISTEM OPERASI WINDOWS SERVER 2012

Awalnya, sistem ini diberi nama windows server 8 yang merupakan versi terkini dari windows server. Software dan perangkat lunak yang tersedia untuk sistem operasi ini baru dirilis pada 4 September tahun 2012 lalu.

SISTEM OPERASI WINDOWS SERVER 2012 R2

Diterbitkan pada 18 Oktober 2013 bersamaan dengan windows 8.1, sistem windows server ini merupakan sebuah pengembangan yang berasal dari versi pendahulunya yang dikenal dengan nama windows server 2012. Dalam sistem operasi ini terdapat pembaharuan-pembaharuan yang lebih canggih dan user friendly.

SISTEM OPERASI WINDOWS SERVER 2016

Meskipun windows terbaru ini masih dalam tahap uji coba, namun dapat dipastikan bahwa sistem ini bisa diinstalasi dan digunakan pada komputer server dengan spesifikasi standar. Microsoft bahkan menyediakan tambahan pilihan server baik itu core maupun nano server dalam instalasi sistem operasi ini.

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: