Pengertian, Tujuan, dan Jenis Wawancara

Pengertian wawancara ialah suatu proses Tanya jawab secara lisan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dan dilakukan secara langsung. Jika kita berbicara mengenai wawancara, maka setidaknya ada dua orang yang terlibat dalam proses tersebut, yakni pewawancara atau orang yang memberikan pertanyaan dan juga orang yang diwawancarai. Dengan demikian, ketika orang melakukan proses wawancara tersebut, maka memang mereka akan diharapkan mendapatkan informasi yang sesuai dengan yang dibutuhkannya. Wawancara sendiri juga dikenal sebagai salah satu metode yang cukup efektif atau mungkin paling efektif untuk mengumpulkan materi atau informasi-informasi yang dibutuhkan.

Tujuan Wawancara

Setelah anda mengetahui apa itu pengertian wawancara, hal selanjutnya yang bisa anda ketahui kaitannya dengan wawancara ialah mengenai tujuan dari wawancara itu sendiri. Jika berbicara mengenai tujuan wawancara, setidaknya kita akan mendapatkan tiga tujuan wawancara yang diantaranya ialah orang melakukan wawancara karena memang mereka ingin mendapatkan suatu informasi dan juga data secara langsung dari orang pertama.

Selain itu, tujuan dari wawancara ini juga sering dijadikan oleh kebanyakan orang khususnya para peneliti sebagai salah satu metode pengumpulan data untuk mengumpulkan data. Selain itu, wawancara terkadang juga digunakan untuk menguji kaitannya dengan hasil penelitian yang telah dilakukan. Dengan demikian, metode wawancara ini memang menjadi salah satu metode yang cukup digemari oleh para peneliti ketika mereka ingin menganalisis suatu fenomena atau suatu kasus. Ketika anda ingin melakukan wawancara, maka jika anda berperan sebagai orang yang memberikan pertanyaan, maka sudah seharusnya anda merinci pertanyaan-pertanyaan yang bisa menggali sebanyak-banyaknya informasi dari informan tersebut.

Jenis Wawancara

Setelah anda mengetahui kaitannya dengan tujuan wawancara dalam artikel pengertian wawancara ini, hal selanjutnya yang bisa anda ketahui ialah jenis wawancara diantaranya ialah wawancara terpimpin dan wawancara tidak terpimpin. Wawancara tidak terpimpin merupakan salah satu wawancara yang kurang terarah sehingga wawancara model ini biasanya akan membutuhkan banyak tenaga, waktu dan juga pikiran. Sementara itu, wawancara terpimpin merupakan Tanya jawab yang terarah.

Cari Artikel di Sini


Pengertian, Tujuan, dan Jenis Wawancara | Admin | 4.5
%d bloggers like this: