Pengertian Wakaf, Syarat, Macam-Macam, Dan Keuntungannya

MManajemen zakat serta wakaf

Wakaf sendiri berasal dari bahasa arab yaitu “waqf” yang artinya menahan, berhenti, atau diam. Sedangkan sehingga pengertian wakaf adalah penahan hak milik atas materi atau benda yang bertujuan untuk disedekahkan kepada yang bermanfaat.

Tujuan wakaf ini adalah memberikan harta kepada orang yang berhak dan dipergunakan guna sesuai dengan ajaran agama islam. Menjadi seseorang yang ingin mewakafkan hartanya juga harus memenuhi syariat islam sehingga tidak terjadi pertengkaran maupun fitnah di keluarga dan masyarakat.

Syarat dari wakaf

Syarat wakaf itu sendiri merupakan beberapa rukun wakaf yang harus dipenuhi oleh di pemberi wakaf, penerima dan masih banyak lainnya. Syarat tersebut meliputi beberapa faktor. Yang pertama adalah orang yang berwakaf.

Kemudian benda yang diwakafkan, orang yang menerima wakaf, ikrar wakaf, dan saksi dari proses wakaf itu sendiri. Semua syarat tersebut haruslah dipenuhi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dari penjelasan syarat wakaf tersebut sangat bisa dipahami dan mudah dilakukan apabila memang berniat untuk berwakaf.

Macam-macam wakaf

Beberapa ahli memberikan beberapa definisi tentang suatu wakaf. Karena definisi membuat banyak orang bingung terjadilah pemisahan antar definisi yang pada akhirnya disimpulkan bahwa wakaf memiliki 2 macam. Macam ini yaitu wakaf ahli dan wakaf khairi.

Keduanya juga memiliki pengertian wakaf yang berbeda yang mana wakaf ahli adalah wakaf yang diperuntukkan kepada keluarga sendiri. Sedangkan pengertian wakaf khairi adalah wakaf yang diperuntukkan untuk kesejahteraan umum masyarakat dan penggunanya. Wakaf kahiri biasa dilakukan oleh orang-orang yang mampu atau tidak memiliki ahli waris.

Keuntungan wakaf

Pengertian wakaf ini memberikan banyak manfaat baik untuk diri sendiri, lingkungan, dan juga masyarakat. wakaf itu memang salah satu cara untuk mensejahterakan orang lain. akan tetapi bagi orang yang melakukan wakaf dengan ikhlas tanpa embel-embel apapun dapat membantu mereka mendapatkan pahala. Wakaf juga bisa diartikan menyumbangkan sebagian rejekinya kepada orang lain yang membutuhkan. Oleh karena itu perbuatan ini adalah mulia.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Wakaf, Syarat, Macam-Macam, Dan Keuntungannya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: