Pengertian Virus Dalam Ilmu Biologi

Secara bahasa virus yang merupakan bahasa latin yaitu dari kata virion yang memiliki arti racun. Pengertian virus adalah parasit mikroskopik yang mampu menginfeksi sel organisme. Virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan cara menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup, hal itu dikarenakan virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri.

Oleh karena itu virus disebut juga parasit obligat karena sifatnya tersebut. Umumnya virus memiliki sejumlah asam nukleat yang DNA ataupun RNA (namun tidak kombinasi keduanya). Asam nukleat tersebut diselubungi bahan yang mampu melindungi bagian virus yang terdiri dari glikoprotein, protein dan lipid (bisa juga kombinasi ketiganya)

Struktur dan anatomi Virus

Setelah memahami apa pengertian virus, selanjutnya perlu diketahui juga susunan dari virus. Struktur virus sendiri terdiri dari kepala, kapsid, isi tubuh dan ekor. Pada bagian kepala, terdapat DNA atau asam nukleat. Sedangkan kapsid merupakan selubung yang berbentuk protein.

Fungsi dari kapsid adalah memberi bentuk virus sekaligus melindungi virus dari kondisi lingkungan yang mampu merugikan virus. Isi tubuh virus yang disebut virion ini terdiri dari asam inti yang merupakan materi generik berisi kode-kode pembawa sifat virus. Sedangkan ekor virus merupakan alat yang digunakan untuk menempel pada makhluk hidup (inang).

Ciri-ciri Virus

Virus dapat diidentifikasi melalui beberapa ciri-ciri berikut ini. Pertama, virus berukuran sangat kecil yaitu sekitar 20-300 milimikron. Kedua, virus tidak memiliki sel/ asesuler.

Ketiga, sebagian besar virus berupa kristal/ hablur. Keempat, virus bisa berbentuk oval, silinder, kompleks atau polyhedral, kelima, hanya memiliki salah satu asam nukleat saja. Keenam, tidak dapat membelah diri dan bergerak. Ketujuh, mampu hidup di sel makhluk hidup jenis apa saja.

Peranan Virus

Kebanyakan dari jenis virus memang merugikan, dimana virus yang menyerang tumbuhan juga menyebabkan kerusakan atau matinya tumbuhan. Contohnya pada daun tembakau yang diserang tobacco Mozaic virus. Selain itu virus juga dapat menginfeksi pada hewan, contohnya cacar pada sapi Vicinia Virus.

Disisi lain, manusia juga sangat mudah terserang oleh virus yang menyebabkan penyakit Influensa, AIDS, SARS, Flu burung dan masih banyak lagi. Namun peranan virus disini tidak hanya merugikan saja.

Pasalnya virus yang telah dilemahkan dapat dimanfaatkan dalam bidang kesehatan, diantaranya membuat antitoksin, melemahkan bakteri, memproduksi vaksin dan menyerang patogen. Nah itulah pengertian virus dan penjelasan singkatnya, semoga bermanfaat.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: