Pengertian Virus Zika, Penyebab, Gejala Dan Cara Mencegahnya

Pengertian Virus Zika adalah suatu virus yang berasal dari keluarga genus flavivirus dan flaviviridae yang kemudian tersebar melalui nyamuk Aedes. Ketika menjangkiti manusia, virus ini akan menyebabkan sakit ringan yang kemudian disebut dengan penyakit zika atau demam zika. Timbulnya penyakit zika ini diidentifikasi pertama kali pada tahun 1947 di Uganda, Afrika pada monyet Rhesus.

Setelah itu pada tahun 1952 terdeteksi kasus pertama Zika pada manusia dan kini secara signifikan Zika telah menyebar ke seluruh dunia. Meskipun infeksi nyamuk ini cenderung ringan dan tidak berbahaya, namun para ilmuwan percaya bahwa penyakit Zika ini dapat mempengaruhi kelahiran bayi dimana bayi yang lahir biasanya akan memiliki kepala dengan bentuk yang kecil.

Penyebab Penyakit Zika

Seperti dalam pengertian Virus Zika sendiri, maka penyebab utama dari penyakit Zika ini adalah penyebaran oleh nyamuk Aedes melalui gigitan. Dan selain akibat dari gigitan nyamuk, ada juga beberapa kasus Zika yang disebabkan oleh penyebaran virus dari pria yang terinfeksi melalui hubungan seks dan juga penularan dari ibu yang terinfeksi pada anaknya selama kehamilan.

Gejala Virus Zika

Pada umumnya, orang yang terinfeksi virus zika ini biasanya tidak akan menunjukkan ciri atau gejala tertentu dan cenderung tidak sadar jika telah terjangkit virus.

Akan tetapi pada beberapa kasus, virus zika ini bisa menimbulkan penyakit ringan yang memiliki beberapa gejala seperti ruam, demam, sakit kepada dan konjungtivitas yang biasanya akan terjadi selama beberapa hari hingga satu minggu. Dan meski tidak berbahaya, namun virus zika ini dapat menyebabkan microchepaly dan juga kelainan saat lahir pada bayi yang dikandung ibu yang terinfeksi.

Cara Mencegah Virus Zika

Untuk menghindari jangkitan dari virus zika, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti tidak mendatangi daerah-daerah yang sedang memiliki penyebaran virus zika, melakukan seks secara aman bagi suami istri yang telah terinfeksi atau menghindari seks saat kehamilan, melakukan berbagai cara untuk menghindari gigitan nyamuk seperti memakai lotion anti nyamuk, memasang kelambu dan lain sebagainya. Demikian Pengertian virus zika dengan penyebab, gejala dan cara mencegahnya. Semoga bermanfaat

Cari Artikel di Sini


Pengertian Virus Zika, Penyebab, Gejala Dan Cara Mencegahnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: