Pengertian Verifikasi dan Perbedaannya dengan Validasi

Pengertian Verifikasi ialah suatu konfirmasi yang dilakukan dengan menyediakan dengan bukti yang objektif yang menunjukkan bahwa persyaratan telah dipenuhi. Jika berbicara mengenai masalah verifikasi ini, memang verifikasi banyak dilakukan dalam berbagai aspek kehidupan dan salah satu aspek yang paling sering menggunakan verifikasi ialah ketika berhubungan dengan pendaftaran.

Seperti yang sudah dijelaskan di pengertian di atas bahwa verifikasi memerlukan bukti yang objektif dan hal tersebut juga terjadi di dalam pendaftaran yang mana ketika anda ingin mendaftar apapun maka anda perlu menunjukkan beberapa bukti objektif seperti anda harus menunjukkan ktp, fotokopi akte kelahiran dan dokumen-dokumen resmi lainnya.

Setelah semua bukti objektif tersebut terlengkapi, maka biasanya proses pendaftaran anda kemudian diproses dan proses inilah yang disebut sebagai verifikasi. Dalam proses tersebut secara sederhana dijelaskan bahwa berkas anda tersebut dicek dan dicocokkan apakah sesuai atau tidak. Selain hanya melakukan proses pengecekan, beberapa kasus juga diperlukan proses lanjutan yang dilakukan dilaboratorium. Hal tersebut diperlukan untuk penelitian lebih lanjut. Kaitannya dengan proses verifikasi, proses tersebut kemudian dilakukan secara baku dengan tujuan untuk membuktikan apakah hasil dari penelitian laboratorium tersebut valid atau tidak. Proses verifikasi dengan menggunakan labortorium juga bisa dilakukan dengan melihat kompetensi laboran. Itulah beberapa hal yang bisa membantu menjelaskan Pengertian Verifikasi.

Perbedaan Verifikasi dan Validasi

Jika berbicara mengenai verifikasi, banyak orang yang keliru atau belum bisa membedakan dengan tepat antara validasi dan juga verifikasi. Kedua hal tersebut memang biasa digunakan dalam pemeriksaan terhadap suatu kasus atau permasalahan. Namun demikian, kedua hal tersebut merupakan dua hal yang berbeda. Validasi merupakan konfirmasi yang dilakukan dengan proses pengujian secara ilmiah dan objektif bahwa persyaratan tersebut.

Berbeda dengan verifikasi, pemeriksaan validasi yang dilakukan dilaboratorium dilakukan secara tidak baku yakni dengan menggunakan metode yang dikembangkan sendiri atau metode yang dikembangkan di laboratorium. Validasi biasanya dilakukan untuk menguji apakah data yang diperoleh tersebut valid atau tidak. Itulah sedikit perbedaan Pengertian Verifikasi dengan validasi.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Verifikasi dan Perbedaannya dengan Validasi | Admin | 4.5
%d bloggers like this: