Pengertian Variabel Penelitian dan Ciri-Cirinya

Pengertian variabel penelitian yaitu segala hal dalam bentuk apapun yang ditetapkan oleh seorang peneliti untuk ditelaah sehingga informasi yang didapat terkait hal tersebut bisa ditarik sebuah kesimpulan. Dipandang dari sudut teoritis, variabel dapat diartikan sebagai tanda kelengkapan seseorang, atau sesuatu yang mempunyai variasi antara satu orang dengan lainnya atau satu objek dengan objek lainnya. Dengan adanya variasi itulah yang kemudian dinamakan variabel.

Variabel di dalam penelitian dipastikan oleh sebuah landasan teoritis dan ditentukan oleh sebuah hipotesis penelitian. Dengan begitu, jika sebuah landasan teoritis itu berbeda, maka variabelnya pun menjadi beda. Sejumlah variabel yang menjadi objek dalam penelitian ditentukan oleh kecanggihan rancangan penelitiannya. Semakin sederhana suatu rancangan penelitian, maka jumlah variabel yang terlibat akan semakin sedikit. Begitu pun sebaliknya, semakin canggih suatu rancangan penelitian, semakin banyak pula jumlah variabel yang akan terlibat di dalamnya.

Ciri-ciri Variabel Penelitian

Variabel penelitian memiliki tiga ciri khusus, yaitu memiliki variasi nilai, membedakan satu objek dengan objek lain, dan dapat diukur.

Variabel dalam sebuah penelitian memiliki nilai yang bervariasi karena membedakan satu objek dengan objek lain dalam satu populasi. Misalnya saja, populasi yang terdiri dari 40 orang mahasiswa, IP hanya akan menjadi variabel bila terdapat variasi nilai pada populasi tersebut. Jika IP sama, maka IP bukan termasuk dalam konsep variabel dari populasi 40 mahasiswa tersebut.

Objek-objek bisa menjadi anggota populasi karena memiliki suatu karakteristik yang sama. Meskipun begitu, objek-objek dalam suatu populasi masih bisa dibedakan satu sama lainnya dalam satu variabel. Contohnya, populasi mahasiswa memiliki kesamaan karakteristik, yaitu mahasiswa. Lalu, perbedaan dari populasi mahasiswa tersebut yaitu dalam hal usia, agama, jenis kelamin, prestasi, orang tua, bakat, dan lainnya.

Variabel harus bisa diukur. Variabel itu berbeda dengan konsep karena sebuah konsep tidak selamanya bisa diukur sedangkan variabel itu bisa diukur. Contohnya, belajar adalah konsep dan hasil belajar adalah variabel. Contoh lainnya yaitu mahasiswa adalah konsep dan jumlah mahasiswa adalah variabel.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Variabel Penelitian dan Ciri-Cirinya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: