Pengertian Valuta Asing (Valas) Secara Umum

Pengertian valuta asing atau biasa disebut valas adalah mata uang yang bisa digunakan serta mudah diterima oleh banyak negara yang terlibat dalam kegiatan perdagangan internasional. Misalnya, jika anda pernah melihat turis mancanegara yang ada di tempat wisata di Indonesia, tentu saja para turis tersebut memerlukan beragam jasa dan barang saat tinggal di Indonesia seperti hotel, jasa transportasi, pemandu wisata, dan lainnya.

Untuk memenuhinya kebutuhan itulah utis asing memerlukan uang yang digunakan untuk membayar. Uang yang dimaksud tentunya uang Indonesia dan juga sebaliknya yang ada di luar negeri. Jika orang Indonesia berkunjung ke luar negeri, maka harus membayar kebutuhan dengan menggunakan mata uang yang berlaku di negara tersebut.

Pengertian valuta asing: mengetahui fungsi

Valuta asing sendiri mempunyai beragam fungsi dalam hal kegiatan ekonomi di berbagai negara. pengertian dan fungsi valuta asing tentunya berbeda untuk tiap negara namun sama-sama memiliki peran penting dalam hal hubungan luar negeri khususnya di dunia dagang. Fungsi tersebut antara sebagai alat tukar internasional.

Hal ini berarti valuta asing adalah alat perantara untuk melakukan tukar menukar jasa atau barang dengan negara lain. Misalnya, ketika Indonesia mengimpor barang dari Amerika Serikat, maka pembayaran dilakukan dengan menggunakan valuta asing contohnya valas dollar Amerika Serikat.

Valas atau valuta asing juga berfungsi sebagai alat pembayaran internasional dan alat pengendali kurs. Selain itu, pengertian valuta asing juga membahas tentang fungsinya sebagai alat yang dapat memperlancar perdagangan internasional. Jika tidak ada valuat asing, perdagangan secara internasional bisa terganggu.

Pengertian valuta asing: mengetahui jenis-jenis

Selain mempunyai beragam jenis, valuta asing juga mempunyai dua jenis yaitu valuta asing fisik dan valuta asing non fisik. Pengertian dan jenis valuta asing menyebutkan bahwa valuta fisik adalah uang asing dalam pengertian sebenarnya, yaitu uang asing dalam bentuk karta baik uang kertas negara, logam, atau uang kertas bank. Sedangkan Pengertian valuta asing yang merupakan valuta asing non fisik adalah berupa uang giral ataupun surat-surat berharga misalnya cek, wesel, cheque, travelers, internasional money order, dan lain sebagainya.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Valuta Asing (Valas) Secara Umum | Admin | 4.5
%d bloggers like this: