Pengertian URL, Tipe URL, dan Fungsinya Bagi Pengguna Internet

Pengertian URL – URL merupakan kependekan dari Uniform Resource Locator yang perannya sangat penting di jaringan internet. URL membantu pengguna internet dalam menemukan lokasi sumber penyimpanan dokumen atau menggambarkan direktori yang ada di dunia maya. URL ini dapat berupa angka, huruf, dan simbol yang sudah terstandar sebelumnya yang mana rangkaian huruf, angka ataupun karakter ini dapat digunakan untuk menemukan lokasi alamat web yang berisi file-file atau info-info tertentu.

URL mempunyai dua tipe, yaitu URL absolute dan URL relative. URL absolute merupakan URL yang penentuan alamatnya disertai domain dan lokasi direktori dokumen yang sedang dibuka. Format penyusunan URLnya yaitu domain – direktori – dokumen, yang berarti sebuah domain di dalamnya terdapat direktori dan di dalam direktori terdapat dokumen.

Tipe berikutnya adalah URL relative. URL tipe ini penentuan alamatnya sesuai dengan alamat yang sedang aktif pada saat itu. Tidak seperti URL absolute, URL relative susunannya tidak baku dan hanya menunjukkan nama dokumen yang sedang dibuka.

Fungsi URL Bagi Pengguna Internet

Uniform Resource Location (URL) sangat bermanfaat bagi pengguna jaringan internet. URL ini dapat diakses oleh semua orang di seluruh dunia. Pengguna internet dapat mendapatkan, mempelajari, dan memperdalam informasi yang ingin diketahui dengan berbagai bahasa yang sudah terdaftar atau terstandar di web. Ada beberapa fungsi URL bagi pengguna internet, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengidentifikasi suatu dokumen yang ada di dalam web.
  2. Untuk memberikan nama dokumen di dalam web.
  3. Untuk memberikan alamat pada web yang berisi dokumen agar mudah dicari.
  4. Memberi kemudahan dalam mencari atau mengakses dokumen dan file di dalam jaringan internet. Dengan mengetahui alamat URL dari file, dokumen, atau web yang kita maksud, akan mempermudah dalam pencarian agar tidak tersasar ke alamat lain. Alamat URL tiap direktori berbeda-beda, jadi tidak ada yang sama.
  5. Memberi kemudahan dalam mengingat alamat dokumen atau file yang ada di dalam web.

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: