Pengertian Tsunami dan Penyebab Terjadinya

Secara bahasa tsunami berasal dari bahasa Jepang, dimana tsu berarti pelabuhan dan nami yang berarti gelombang. Dari asal kata ini pengertian tsunami adalah perpindahan badan air yang disebabkan perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba tiba.

Gelombang tsunami ini dapat merambat ke segala arah. Didalam laut, gelombang tsunami ini berjalan dengan kecepatan sampai dengan 1000 km per jam, kecepatan yang setara dengan kecepatan pesawat terbang. Ketinggian dan kecepatan gelombang tsunami ini semakin menurun ketika mendekati pantai.

Penyebab Terjadinya Tsunami

Bencana alam tsunami memang tergolong bencana alam yang mengerikan, kita tentu masih ingat dengan tsunami Aceh beberapa tahun silam. Dalam insiden bencana alam ini banyak masyarakat yang kehilangan harta benda, sanak saudara, nyawa dan segalanya. Air gelombang tsunami menyapu semua yang ada dihadapannya, ini yang membuat bencana tersebut sebagai bencana alam yang mengerikan.

Apabila kita kaji dari pengertian tsunami, penyebab tsunami juga berasal dari kejadian alam, seperti gunung meletus, longsor bawah laut dan yang paling sering menjadi penyebab tsunami adalah gempa. Seperti tsunami Aceh dan tsunami Jepang yang terjadi beberapa waktu silam, semua disebabkan karena gempa. Adapun tsunami yang disebabkan gunung meletus juga terjadi di Indonesia saat letusan dahsyat gunung Krakatau. Percepatan gelombang tsunami ini terjadi bergantung pada kedalaman laut dimana kejadian tersebut terjadi.

Tips Menyelamatkan Diri Saat Tsunami

Bencana alam memang tidak akan pernah ada yang tahu, karena ini adalah rahasia Tuhan. Namun bila di daerah anda yang berdekatan dengan pantai dan sedang mengalami gempa, anda perlu memperhatikan beberapa tips agar terhindar dari tsunami.

Ketika ada gempa berskala besar dan berpotensi tsunami, segera mengungsi dan menjauh dari daerah pantai. Carilah tempat yang tinggi seperti bukit dimana tsunami tidak dapat mencapai kawasan tersebut. Memilih kawasan bukit atau pegunungan terdekat untuk jalur evakuasi anda dan keluarga.

Dari pengertian tsunami serta penyebabnya, kini anda harusnya sudah selalu sigap dan cepat bila terjadi sebuah bencana alam. Selalu waspada bila anda di bibir pantai dan mendapati air laut yang tiba tiba surut dengan cepat, ini dapat menjadi pertanda tsunami.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Tsunami dan Penyebab Terjadinya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: