Pengertian Trombosit dan Fungsinya

Pengertian trombosit adalah sel-sel yang berbentuk oval berukuran kecil yang dibuat oleh sumsum tulang. Sel ini disebut juga platelet atau keping darah. Ketika pembuluh darah dalam tubuh pecah, maka sel ini akan berkumpul di daerah tersebut dan membantu dalam penutupan kebocoran. Jumlahnya dalam keadaan normal di dalam tubuh manusia mencapai 150 – 400 ribu per mikro liter darah. Jika jumlahnya di bawah 150 ribu disebut trombositopenia, sedangkan jika melebihi 400 ribu disebut trombositosis. Sel darah ini hanya berlangsung hidup sekitar 5 – 9 hari di dalam peredaran darah.

Fungsi Trombosit

Fungsi utama dari trombosit yaitu sebagai pembantu proses pembekuan darah. Ketika pembuluh darah bocor atau luka, maka reaksi pertama yang dilakukan oleh tubuh adalah mengkerutkan pembuluh darah yang terluka. Tujuannya adalah untuk meminimalkan keluarnya darah karena lubang kebocoran mengecil. Reaksi tersebut memicu keping darah menempel pada area pembuluh darah yang terluka. Setelah itu, keping darah ini akan memberikan sinyal kepada keping darah lain dan berbagai faktor pembekuan darah supaya menuju ke area luka untuk membantunya menutup luka. Bentuk keping darah yang awalnya bulat berubah menjadi berduri seperti tentakel. Hal ini berfungsi agar perlekatan antar keping darah mudah terjadi.

Pada waktu dan tempat yang sama, berbagai protein pembekuan darah terlarut (fibrinogen) menjadi aktif dan berubah menjadi darah tak larut (fibrin). Fibrin berbentuk serat panjang yang tidak larut sehingga akan menempel pada kumpulan keping darah membentuk struktur seperti jaring-jaring. Setelah luka tertutup dengan baik, maka akan diberikan sinyal yang membuat proses pembekuan darah berhenti. Tanpa pengendalian berhentinya proses pembekuan darah, maka akan berbahaya karena luka kecil bisa menyebabkan gumpalan di seluruh tubuh.

Sebab Trombosit Turun

Jumlah keping darah yang menurun biasanya disebabkan oleh tiga hal berikut ini.

  1. Sumsum tulang menghasilkannya dalam jumlah yang tidak cukup.
  2. Tubuh menghancurkannya sendiri, padahal keping darah yang diproduksi oleh sumsum tulang memadai.
  3. Keping darah tertahan dalam limpa yang bengkak sehingga darah kekurangan keping darah.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Trombosit dan Fungsinya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: