Pengertian Dan Jenis Transaksi Dalam Perusahaan

Pengertian transaksi menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah sebuah perjanjian jual dalam perdagangan antara dua belah pihak. Transaksi ini biasanya terjadi antara pihak penjual dan pembeli, baik itu berupa barang ataupun jasa. Dalam sebuah transaksi biasanya terdapat bukti transaksi seperti nota, surat jual beli dan lain sebagainya. Sebuah transaksi bisa dilakukan oleh perorangan dengan perorangan, perorangan dengan lembaga, atau lembaga dengan lembaga. Dalam transaksi ini terdapat sebuah akad pembayaran atas barang yang dijual oleh pemilik barang atau jasa.

Saat zaman modern ini, sebuah transaksi dapat dilakukan tanpa harus bertemu langsung dengan pemilik barang atau jasa. Transaksi modern dapat dilakukan dengan bantuan teknologi. Para pelaku transaksi bisa menggunakan media komputer atau handphone yang terhubung dengan jaringan internet.

Para pembeli dan penjual tersebut dapat melakukan akad jual beli barang melalui teknologi yang mereka gunakan. Untuk masalah pembayarannya, pembeli dapat mentransfer pembayaran rekening pemilik barang atau jasa. Transaksi dengan bantuan teknologi ini sangat mudah, sehingga saat ini banyak orang atau perusahaan yang menyukai transaksi modern ini.

Macam-Macam Transaksi Dalam Perusahaan

Pada dasarnya, transaksi adalah terjadi akad jual beli disertai pembayaran untuk suatu barang dan jasa yang dilakukan perorangan, lembaga atau perusahaan. Dalam kehidupan sehari-hari, transaksi dalam sebuah perusahaan dibagi kedalam dua jenis, yaitu transaksi internal dan transaksi eksternal.

Transaksi internal merupakan sebuah transaksi yang dilakukan hanya bagian tertentu saja dalam sebuah perusahaan. Transaksi jenis ini biasanya hanya di keluarkan oleh perusahaan itu sendiri. Contoh transaksi internal ini seperti pengalokasian beban, penghapusan hutang usaha dan berbagai contoh transaksi lainnya.

Selain transaksi internal, dalam sebuah perusahaan juga terdapat yang namanya transaksi eksternal. Pengertian transaksi eksternal dalam perusahaan adalah sebagai sebuah transaksi yang melibatkan pihak diluar perusahaan tersebut. Jenis transaksi yang satu ini biasanya terjadi antara perusahaan dengan perusahaan atau lembaga lain. Contoh jenis transaksi perusahaan eksternal ini antara lain transaksi jual beli, transaksi pembayaran hutang, transaksi pembelian suatu barang dan berbagai macam transaksi lainnya.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Dan Jenis Transaksi Dalam Perusahaan | Admin | 4.5
%d bloggers like this: