Pengertian Olahraga Tenis Meja, Teknik Dasar, Dan Peraturannya

Pengertian tenis meja adalah salah satu olahraga yang dimainkan oleh dua orang atau bisa pasangan ganda dengan menggunakan raket yang terbuat dari kayu. Permainan ini juga membutuhkan bola yang sering disebut dengan bola pingpong yang kemudian dilakukan di lapangan permainan yang berbentuk meja. Sehingga disebut dengan tenis meja. Olahraga ini juga membutuhkan teknik tersendiri sehingga mudah untuk menguasai dan menjadi master dari olahraga tenis meja.

Sarana prasarana permainan tenis meja

Memainkan suatu permainan tenis meja diperlukan adanya suatu alat untuk menunjang permainan tersebut. Perlengkapan tersebut adalah meja, bola, jaring, dan pemukul. Semua perlengkapan tersebut harus dipenuhi karena menjadi penentu dari permainan tenis meja itu sendiri.

Teknik tenis meja

Dari permainan tenis meja ini harus menguasai atau setidaknya mengetahui teknik dasar dari permainan ini. Karena permainan ini membutuhkan konsentrasi lebih sehingga bisa membuat pemainnya bisa handal dalam memainkannya. Teknik dasar ini haruslah diketahui dengan benar dan tepat agar tidak merugikan pemain. Selain itu teknik ini juga menjadi salah satu pengetahuan dasar dari pengertian tenis meja. Berikut tentang beberapa teknik dasar yang perlu diketahui.

  1. Posisi tubuh adalah posisi dasar.
  2. Cara memegang bet juga menjadi faktor dari tembakan bola kelawan.
  3. Pukulan yang menjadi penentu kemana bola tersebut akan mengarah sehingga permianan bisa dimenangkan.

Peraturan permainan tenis meja

Adapun suatu permainan tenis meja juga diikuti oleh peraturannya. Peraturan dari pengertian tenis meja ini hanya untuk menghindari adanya suatu kecurangan dalam permainan olahraga ini. Tidak hanya itu, peraturan ini juga bisa membuat pemainnya lebih sportif dalam melakukan olahraga dengan lawannya. Untuk peraturan tenis meja sebagai berikut.

  1. Pemain harus memukul bola dengan menyentuhkan papan pemukul atau raket.
  2. Pemain harus melakukan service.
  3. Penerima bola (receiver) adalah pemain yang memukul bola yang kedua dalam satu reli.
  4. Wasit adalah yang mengawasi permainan.
  5. Pembantu wasit adalah yang membantu wasit dalam mengawasi permainan.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: