Pengertian Teknik Dan Cabang-Cabangnya

Pengertian teknik dapat dijabarkan sebagai penerapan ilmu serta teknologi yang digunakan untuk menyelesaikan dan memecahkan permasalahan manusia. Definisi teknik secara bahasa adalah kejuruteraan menurut bahasa Melayu. Teknik juga biasa disebut dengan rekayasa dan dalam bahasa Inggris biasa disebut dengan engineering.

Penyelesaian masalah ini sendiri dilakukan melalui pengetahuan, matematika dan juga pengalaman praktis yang secara sengaja diterapkan untuk mendesain atau membuat sebuah proses atau objek yang berguna. Dan para praktisi professional dalam bidang teknik ini merupakan para sarjana bidang teknik dan biasa disebut dengan insinyur.

Dalam sejarahnya, banyak dari para ahli teknik ini yakin bahwa manusia sudah memiliki kemampuan teknik yang secara natural telah tertanam di dalam dirinya. Hal ini bisa dibuktikan dimakan pada zaman dahulu, manusia purba secara natural sudah memiliki kemampuan untuk membuat berbagai bentuk peralatan dari bahan batu.

Jadi bisa dikatakan bahwa pada mulanya teknik ini didasari dengan percobaan dan kegagalan dalam menciptakan peralatan yang memudahkan kehidupan manusia. Dan seiring perkembangan ilmu pengetahuan, akhirnya teknikpun semakin berkembang dan bisa seperti sekarang.

Cabang-Cabang Teknik Atau Rekayasa

Saat ini sudah ada banyak sekali cabang-cabang teknik atau rekayasa yang diterapkan dalam kehidupan manusia, diantaranya adalah teknik arsitektur. Pengertian teknik arsitektur sendiri adalah penerapan prinsip teknologi dalam bidang perancangan serta konstruksi bangunan.

Lalu ada pula teknik industry. pengertian teknik industry ini yaitu teknik dengan cakupan bidang desain, perbaikan serta pemasangan dari suatu system integral yang mana terdiri atas manusia, informasi, bahan-bahan, energy dan peralatan.

Selanjutnya ada juga cabang teknik mesin yang merupakan ilmu teknik tentang pengaplikasian prinsip fisika untuk desain, analisis, manufaktur, dan juga pemeliharaan berupa sebuah system mekanik.

Kemudian ada cabang teknik kimia. Pengertian teknik kimia ini adalah cabang dari ilmu teknik yang mempelajari pengubahan bahan mentah untuk dijadikan sesuatu yang lebih berguna. Selain itu,masih banyak cabang teknik lainnya seperti teknik informatika, fisika, elektro, pangan, lingkungan, teknik penerbangan, perkapalan, perminyakan, teknik nuklir, teknik molecular, teknik pertambangan dan lainnya. Sekian

Cari Artikel di Sini


Pengertian Teknik Dan Cabang-Cabangnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: