Pengertian Teater Dalam Arti Luas Dan Arti Sempit

Pengertian teater dapat diartikan dengan dua cara yaitu pengertian dalam arti luas dan pengertian dalam arti sempit. Teater dalam arti luas adalah segala adegan atau peran yang dipertunjukkan di depan orang banyak misalnya ketoprak, ludruk, dan juga wayang. Adapun pengertian teater dalam arti sempit adalah sebuah drama atau perjalanan hidup seseorang yang dipertunjukkan di atas pentas, dan disaksikan banyak orang yang berdasarkan atas naskah yang tertulis.

Menurut sejarah, kata teater diambil dari bahasa inggris theater atau theatre, dan bahasa perancis theatre dan bahasa yunani theatron. Secara etimologis kata teater dapat diartikan sebagai tempat atau gedung suatu pertunjukan. Sedangkan secara istilah, pengertian teater adalah segala hal yang dipertunjukkan di atas pentas dan untuk dinikmati penontonnya.

Unsur-unsur Dalam Teater

Unsur teater terdiri dari :

  1. Pemeran yaitu orang yang memerankan tokoh tertentu. Ada tiga jenis pemeran yaitu peran utama, peran pembantu, dan juga peran tambahan. Dalam film atau sinetron, pemain biasanya disebut aktris untuk perempuan dan aktor untuk laki-laki.
  2. Sutradara yaitu seseorang yang memimpin jalannya suatu produksi, baik itu pra produksi sampai pasca produksi. Baik dari segi kreatif maupun teknis, dengan menggunakan sistem single kamera maupun multi kamera, di dalam ruangan maupun di luar ruangan.
  3. Properti yaitu sebuah perlengkapan yang diperlukan dalam pementasan teater, misalnya meja, kursi, hiasan, dan perlengkapan lain yang menunjang jalannya teater tersebut.
  4. Penataan yaitu seluruh pekerja yang terkait dengan pementasan teater

Setelah kita mengetahui apa itu pengertian teater, maka akan dibahas fungsi teater. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, teater kini sudah mengalami perkembangan. teater bukan hanya sebagai upacara atau hiburan semata, tetapi juga sudah menjadi sarana pendidikan .

Adapun fungsi teater itu sendiri adalah sebagai sarana upacara, bisa juga sebagai media ekspresi, sebagai media hiburan, dan sebagai media pendidikan.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: