Pengertian Tata Surya, Susunan dan Anggota

Pengertian tata surya adalah susunan dari benda benda langit yang sangat banyak yang mengitari matahari sebagai pusatnya. Benda benda langit tersebut terdiri dari komet, asteroid, meteroid, planet dan satelit. Terdapat 8 planet yang mengitari matahari karena adanya pengaruh gravitasi dari matahari.

Bila kita melihat langit pada waktu malam hari, kita bisa melihat banyak sekali bintang yang berkelap kelip. Bintang tersebut merupakan sebuah benda langit yang mengeluarkan cayaha sendiri. Pada tata surya kita juga terdapat bintang yang sangat besar dan dijadikan sebagai pusat tata surya yaitu matahari.

SUSUNAN DAN ANGGOTA TATA SURYA

Berikut ini merupakan susunan dan anggota tata surya yaitu :

1. Bintang di tata surya

Bintang merupakan anggota tata surya yang bisa memancarkan cahaya sendiri. Tata surya kita mempunyai satu bintang yaitu matahari. Matahari selain sebagai sumber cahaya juga merupakan sumber panas untuk menghangatkan bumi kita.

2. Planet

Planet merupakan benda langit yang tidak memancarkan cahaya akan tetapi bisa merefleksikan cahaya dari bintang. Pada tata surya kita terdapat planet yang mengitari matahari mulai dari merkurius, venus, bumi, mars, yupiter, saturnus, uranus dan neptunus.

3. Satelit

Satelit merupakan benda di tata surya yang mengitari planet. Salah satu contohnya adalah bulan yang mengitari planet bumi.

4. Komet

Komet merupakan benda langit yang kecil yang bergerak dengan sangat cepat.

MATAHARI SEBAGAI PUSAT TATA SURYA

Matahari merupakan sebuah bintang di tata surya yang beratnya sekitar 300 ribu kali lipat dari beratnya bumi. Tetapi matahari bukan merupakan bintang terbesar bila dibandingan dengan bintang bintang lainnya. Gaya gravitasi matahari lebih kuat 28 kali dibandingkan gaya gravitasi bumi karena massa matahari lebih besar dari massa bumi.

MANFAAT ENERGI MATAHARI BAGI BUMI

Energi matahari disalurkan dalam bentuk cahaya, berikut ini beberapa manfaat energi matahari :

  1. Panas matahari menjadikan air dan udara melakukan perputaran dari air menguap jadi awan dan kembali menjadi air lewat hujan.
  2. Sinar ultraviolet dipancarkan matahari yang bermanfaat untuk membunuh kuman.
  3. Dengan cahaya matahari kita mengetahui waktu.
  4. PLANET-PLANET DI TATA SURYA

Planet planet di tata surya kita ada 8 diantaranya adalah bumi yang kita tinggali. Planet lain tidak mempunyai penghuni yang hidup dikarenakan cuaca dan suhu yang tidak bersahabat bagi makhluk hidup. Bila semakin dekat dengan matahari maka akan semakin panas, bila jauh dari matahari maka akan semakin dingin. Bumi adalah jarak yang pas untuk makhluk hidup, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Adapun 8 Planet yang ada dalam tata surya ini adalah :

  1. Merkurius.
  2. Venus.
  3. Bumi.
  4. Mars.
  5. Jupiter.
  6. Saturnus.
  7. Uranus.
  8. Neptunus.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: