Pengertian Tanah Longsor Dan Penyebabnya

Pengertian tanah longsor adalah suatu peristiwa yang terjadi dikarekan oleh pergerakan masa batuan atau tanah yang memiliki berbagai tipe dan jenis yang terjadi seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah. Pada umumnya, terjadinya suatu tanah longsor dikarenakan ada beberapa faktor seperti faktor pemicu. Yang dimaksud dengan faktor pemicu adalah suatu faktor yang menyebabkan gerakan material. Pada umumnya, gerakan ini disebabkan oleh gravitasi yang mempengaruhi suatu lereng yang curam. Namun, selain itu, ada juga faktor-faktor lain yang menyebabkan terjadinya tanah longsor.

Faktor penyebab tanah longsor

Ada beberapa faktor penyebab tanah longsor yang wajib diketahui. Faktor yang pertama adalah erosi. Erosi merupakan tergerusnya kaki lereng-lereng yang menjadi curam karena disebabkan oleh aliran air atau air hujan.

Dengan kata lain, erosi terjadi disebabkan oleh air yang mengikis dipermukaan tanah. Hal ini sering terjadi didaerah pantai atau tebing-tebing curam yang mana jika terkena air hujan dalam jangka panjang bisa menyebabkan tanah longsor. Selain erosi, penyebab lain yang bisa membuat tanah longsor berdasarkan pengertian tanah longsor diatas adalah gempa bumi. Gempa bumi yang menyebabkan getaran dan tekanan pada partikel mineral yang ada di tanah membuat longsornya lereng-lereng.

Jenis-jenis Tanah Longsor

Ada juga jenis-jenis tanah longsor yang perlu kita pahami yang mana tanah longsor memiliki perbedaan terjadinya longsor. Jenis yang pertama adalah longsor translasi yang terjadi karena bergeraknya massa tanah dan batuan yang tergelincir yang berbentuk rata atau landai. Selain itu, jenis kedua adalah longsoran rotasi dimana bergeraknya massa tanah dan bebatuan.

Jenis ini akan membentuk cekungan pada bidang yang tergelincir (longsor). Jenis yang lain adalah aliran bahan rombakan yang terjadi dikarenakan massa tanah bergerak didorong oleh air. Kecepatan longsoran ini tergantung pada volume dan tekanan air.

Dampak Tanah Longsor

Berdasarkan pada pengertian tanah longsor diatas maka tanah longsor ini akan memberikan dampak buruk jika terjadi didaerah hunian. Akan tetapi, jika terjadi didaerah pegunungan tanah longsor akan membuat tanah tidak terlalu curam karena tanah bergerak kebawah. Mengetahui faktor dan jenis tanah longsor bisa membantu agar kita waspada terhadap tanah longsor.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: