Pengertian Taman Nasional dan Beberapa Daftar Taman Nasional di Indonesia

Pengertian taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan system zonasi yang dimanfaatkan untuk keperluan penelitian, budidaya, ilmu pengetahuan, pendidikan, pariwisata, dan rekreasi. Taman nasional merupakan kawasan konservasi yang dilindungi oleh pemerintah maupun dunia, karena taman nasional merupakan perwujudan dari kemurnian alam dan pelestarian alam yang dimiliki dunia yang dibentuk agar terjaga dari kontaminasi atau campur tangan manusia.

Taman nasional pertama kali dibangun pada tahun 1872 di daerah Yellowstone dengan nama Taman Nasional Yellowstone. Mengikuti jejak Yellowstone, Australia juga mendirikan taman nasional milik mereka dengan nama Taman Nasional Royal pada tahun 1879. Lalu, Kanada juga meresmikan Taman Nasional Banff yang mana waktu itu dikenal dengan Taman Nasional Gunung Rocky pada tahun 1887. Di tahun yang sama, Selandia Baru juga memiliki taman nasional pertamanya. Tak kalah dengan negara lain, tahun 1910 Eropa meresmikan taman nasional pertamanya di Swedia. Setelah itu, banyak negara-negara lain yang meresmikan taman nasional mereka.

Beberapa Daftar Taman Nasional di Indonesia

Indonesia pertama kali mendirikan taman nasional pada tahun 1980 dan itu ada 5 taman nasional. Sekarang Indonesia memiliki 53 taman nasional. Beberapa taman nasional di Indonesia ini juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Taman nasional tersebut diantaranya adalah Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur, Taman Nasional Ujung Kulon di Banten, dan Taman Nasional Lorentz di Papua Barat. Masih ada taman nasional lain yang dinyatakan sebagai calon Situs Warisan Dunia.

Dari 53 taman nasional di Indonesia, ada 9 yang termasuk dalam Jaringan Cagar Biosfer Dunia, diantaranya adalah Taman Nasional Komodo, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Taman Nasional Tanjung Puting, Taman Nasional Lore Lindu, Taman nasional Wakatobi, Taman Nasional Taka Bone Rate, Taman Nasional Gunung Leuser, dan Taman Nasional Siberut. Masih ada status internasional lain yang melekat pada taman nasional Indonesia. – Pengertian taman nasional

Cari Artikel di Sini


Pengertian Taman Nasional dan Beberapa Daftar Taman Nasional di Indonesia | Admin | 4.5
%d bloggers like this: