Pengertian Taksonomi Dan Tingkatannya

Pengertian taksonomi adalah mengelompokan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang sama, dari tingkat tinggi ke tingkat yang lebih rendah. Dalam ilmu sains, taksonomi menjadi hal yang sangat penting, dari sinilah kita bisa membedakan satu kelompok makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya. Apalagi jumlah makhluk hidup sangatlah banyak sekali. Dari tumbuhan dan hewan.

Tujuan Pembuatan Taksonomi

Taksonomi dilakukan untuk membedakan antara kelompok makhluk hidup. Sehingga tahu setiap jenis yang berbeda. Taksonomi juga membantu menyusun hubungan kekerabatan antar kelompok makhluk hidup. Untuk memudahkan mengenali ciri-ciri dari setiap kelompok dan menunjukkan tingkat taksonnya dalam sebuah taksonomi.

Tahapan Pembuatan Taksonomi

Tak hanya memahami pengertian taksonomi saja, tetapi anda harus memahami tahapan pembuatan taksonomi. Ada beberapa hal yang harus anda pahami. Anda harus melakukan identifikasi dari ciri-ciri makhluk hidup tersebut, dari ciri anatomi, morfologi dan fisiologinya.

Misalnya dari bentuk batang, bentuk daun, warna bunga dan masih banyak lainnya., kemudian baru dikelompokkan dengan makhluk hidup lain yang sejenis. Yang memiliki ciri-ciri hampir sama. Barulah anda memberikan nama taksonominya. Pembuatan ciri-ciri, dari ciri-ciri yang paling mudah terlihat sampai yang paling spesifik mungkin.

Pemberian nama taksonomi tidak boleh sembarangan. Ada aturan dalam binomial nomenclatur. Yang dibuat oleh carolus linnaeus. Nama setiap spesies harus terdiri dari dua kata dan ditulis miring. Huruf depannya memakai huruf besar. Misalnya Pendrogalus inustus (anoa). Urutan dari taksonomi yang paling tinggi, ada kingdom. Untuk hewan masuk ke aimalia, untuk tumbuhan masuk ke plantae.

Lalu ada phylum, classis, ordo, famili, genus dan spesies. Urutannya harus benar. Dengan adanya taksonomi ini, kita lebih mudah membedakan antara makhluk hidup. Semua makhluk hidup di dunia ini, pasti sudah memiliki taksonominya sendiri-sendiri. Dalam membuat taksonomi harus dilakukan dengan benar. Tidak boleh ada kesalahan sama sekali. Sekian artikel tentang pengertian taksonomi. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: