Pengertian Tabel, Fungsi Dan Jenis-Jenis Tabel

Pengertian tabel adalah daftar yang berisikan ikhtisar dari sejumlah data informasi yang umumnya berupa bilangan atau kata-kata yang secara bersistem tersusun, urut ke arah bawah dalam deret dan lajur tertentu dan terdapat garis pembatas sehingga bisa disimak dengan lebih mudah. Untuk memahami isi tabel sendiri bisa dilakukan lewat pemahaman pada fakta yang ada di dalam tabel. Tabel ini terdiri dari kolom yang memanjang ke arah kanan dan juga baris yang memanjang ke arah bawah. Kolom dan juga baris ini kemudian dihubungkan dengan isi tabel yang berupa data.

Fungsi Tabel

Dalam Pengertian tabel, dijelaskan bahwa tabel merupakan daftar yang berisikan sejumlah data informasi. Untuk itu, dalam penggunaannya, tabel ini memiliki beberapa fungsi yang diantaranya adalah memberikan kemudahan dalam membaca data karena tersusun dengan sistematis sehingga memahaminya juga akan lebih mudah.

Kemudian tabel juga memiliki fungsi untuk mempermudah dalam mengetahui perubahan yang terjadi pada suatu hal baik menaik ataupun menurun. Selain itu, tabel juga berfungsi untuk memberikan rangkuman berupa angka secara tersusun.

Jenis-Jenis Tabel

Tabel sangat sering digunakan dalam penyajian data dan umumnya ada beberapa jenis yang biasa digunakan. Dan berdasarkan jumlah karakteristik dalam tabel, tabel dibedakan atas tabel satu arah, tabel dua arah dan tabel tiga arah. Pengertian tabel satu arah adalah tabel berisi keterangan tentang satu karakteristik saja.

Karakteristik ini bisa berupa frekuensi, jumlah, kadar, ukuran dan lain sebagainya. Tabel satu arah ini merupakan jenis tabel yang paling mudah dibuat dan sederhana.

Kemudian pengertian tabel dua arah sendiri adalah tabel yang berisi tentang hubungan antara dua karakteristik. Contohnya seperti tabel berisi data mengenai jumlah penduduk menurut jenis kelamin dan umur, agama dan asal daerah, atau jumlah mahasiswa berdasarkan jenis kelamin dan jurusan dan lain sebagainya.

Sedangkan pengertian tabel tiga arah adalah tabel yang berisikan hubungan antara tiga karakteristik atau tiga hal seperti data penduduk berdasarkan kecamatan, jenis kelamin dan umur, atau data mahasiswa berdasarkan jenis kelamin, jurusan dan asal daerah.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Tabel, Fungsi Dan Jenis-Jenis Tabel | Admin | 4.5
%d bloggers like this: