Pengertian Suspensi, Contoh dan Ciri-Cirinya

Pengertian Suspensi adalah suatu campuran fluida yang mengandung artikel padat. Dengan kata lain, suspensi dapat diartikan sebagai campuran heterogen dari zat cair dan zat padat yang dilarutkan dalam sebuah zat cair. Partikel padat dalam sebuah sistem suspensi umumnya lebih besar dari 1 mikrometer sehingga memungkinkan terjadinya sedimentasi.

Beda dengan koloid, padatan pada suspensi mengalami pengendapan atau sedimentasi meksipun tidak terdapat gangguan. Suspensi cairan ataupun padatan dalam jumlah kecil yang terdapat dalam gas disebut sebagai aerosol. Contoh sistem aerosol dalam kehidupan manusia adalah debu debu yang ada di atmosfer.

CONTOH UMUM SUSPENSI

Suspensi dapat dengan mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya adalah :

  1. Lumpur dimana tanah dan lempung tersuspensi dalam air.
  2. Tepung yang tersuspensi di air juga.
  3. Kabut merupakan sistem air yang tersuspensi di udara.
  4. Cat.
  5. Suspensi dari debu kapur di udara bebas.
  6. Suspensi partikel-partikel yang ada di udara.
  7. Campuran pasir dengan air, dan
  8. Sirup obat batuk.

CIRI-CIRI SUSPENSI

Suspensi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Mempunyai ukuran partikel kurang dari 10-5 cm.
  2. Dapat dilihat dengan bantuan mikroskop dan dapat disaring menggunakan kertas saring khusus.
  3. Bersifat labil, artinya tidak tahan lama dan sering berubah-ubah.
  4. Mudah mengalami koagulasi.
  5. Termasuk dalam campuran heterogen.

PERBEDAAN LARUTAN, KOLOID, DAN SUSPENSI

  • Larutan, bersifat homogen tidak dapat dibedakan meskipun menggunakan mikroskop ultra, semua partikelnya berdimensi kurang dari 1 mm, satu fasa, stabil, dan tidak dapat disaring. Contohnya adalah larutan gula, larutan garam, alkohol 70%, udara yang bersih, dan bensin.
  • Koloid, secara mikroskopis bersifat homogen tetapi heterogen jika diamati menggunakan mikroskop ultra, partikelnya berdimensi antara 1 nm sampai dengan 100 nm, dua fasa, stabil, dan tidak dapat disaring kecuali dengan penyaringan ultra. Contohnya adalah sabun, susu, jelly, selai, mentega, dan mayonaise.
  • Suspensi, bersifat heterogen, salah satu atau semua partikelnya berdimensi lebih besar dari 100 nm, dua fasa, tidak stabil, dan dapat disaring. Contoh suspensi adalah air sungai yang keruh, campuran air dengan pasir, dan campuran air dengan minyak.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: