Pengertian Sumber Daya Alam dan Macam-Macam SDA di Indonesia

Pengertian sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Yang termasuk sumber daya alam (SDA) ialah golongan biotik dan abiotik. Yang tergolong sumber daya alam biotik diantaranya hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, sedangkan yang termasuk golongan abotik ialah minyak bumi, gas alam, air, logam, tanah, dan lain sebagainya.

Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam dapat dibagi menjadi dua, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tak dapat diperbarui. Sumber daya alam yang dapat diperbarui merupakan SDA yang terus ada selama tidak dieksploitasi berlebihan, contohnya tumbuhan, hewan, sinar matahari, hasil-hasil perkebunan seperti biji coklat, karet, kelapa sawit, cengkeh, dan lain-lain.

Sedangkan sumber daya alam yang tak dapat diperbarui adalah SDA yang persediaannya terbatas karena proses pembentukannya membutuhkan waktu lama, seperti minyak bumi, gas alam, emas, besi, dan lain sebagainya.

Macam-Macam Sumber Daya Alam di Indonesia

Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Dilihat dari segi astronomi, Indonesia terletak di daerah tropis dan memiliki curah hujan tinggi sehingga Indonesia memiliki berbagai jenis tumbuhan.

Dari segi geologi, Indonesia terletak pada titik pergerakan lempeng tektonik sehingga banyak terbentuk pegunungan yang mempunyai mineral yang berlimpah. Lalu, Indonesia merupakan negara dengan perairan yang kaya akan hewan laut, tumbuhan yang hidup di laut, dan berbagai macam sumber mineral.

Sumber daya alam di Indonesia meliputi kekayaan hayatinya, seperti tumbuhan, hasil pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan bahan tambangnya. Kekayaan hayati di Indonesia seperti tumbuh-tumbuhan meliputi bahan makanan diantaranya padi, jagung, gandum dan tebu. Ada juga tanaman untuk obat seperti jahe, kina, daun binahong, mahkota dewa, dan lain-lain.

Kekayaan bahan tambang di Indonesia beraneka ragam seperti petroleum, timah, nikel, gas alam, batu bara, emas, tembaga, dan perak. Kira-kira inilah pengertian sumber daya alam dan jenis sumber daya alam di Indonesia secara garis besar.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Sumber Daya Alam dan Macam-Macam SDA di Indonesia | Admin | 4.5
%d bloggers like this: