Pengertian Struktur Organisasi Dan Fungsinya

Pengertian struktur organisasi adalah suatu susunan suatu komponen atau unit-unit kerja dalam sebuah organisasi. Strukutur organisasi dimaksudkan untuk membagi pekerjaan sesuai dengan bidangnya. Strukutur organisasi menunjukkan mengenai spesialisasi dari pekerjaan tersebut, sehingga masing-masing mengetahui tugas, pekerjaan dan penyampaian laporan.

Fungsi Struktur Organisasi

Fungsi struktur organisasi adalah sebagai berikut :

  1. Kejelasan tanggung jawab yaitu setiap anggota harus dapat bertanggung jawab dalam pekerjaannya. Setiap anggota organisasi tentunya harus dapat bertanggungjawab kepada pimpinan atau atasannya yang telah memberikan wewenang.
  2. Kejelasan kedudukan adalah anggota atau seorang yang ada di dalam struktur organisasi sebenarnya dapat mempermudah dalam melakukan koordinasi dari hubungan, sebab adanya keterkaitan penyelesaian mengenai suatu fungsi yang telah dipercayakan kepada seseorang atau anggota.
  3. Kejelasan Mengenai Jalur Hubungan yaitu dalam melaksanakan pekerjaan dan tanggung jawab setiap pegawai di dalam sebuah organisasi maka dibutuhkan kejelasan hubungan yang tergambar dalam struktur sehingga dalam jalur penyelesaian satu pekerjaan akan semakin efektif dan dapat saling memberikan keuntungan.
  4. Kejelasan Uraian tugas yaitu kejelasan mengenai uraian tugas di dalam struktur organisasi akan sangat membantu pihak atasan untuk dapat melakukan pengawasan maupun pengendalian, dan juga untuk bawahan akan dapat lebih berkonsentrasi dalam melaksanakan suatu tugas atau pekerjaan karena uraian yang jelas.

Setiap orang dalam organisasi secara alamiah memiliki tujuan pribadi yang tidak sama persis. Pengertian struktur organisasi ini mempunyai tujuan akhir dari sebagian besar orang adalah memperoleh penghasilan.

Para anggota organisasi memiliki tujuan mengerjakan pekerjaan dengan baik, naik pangkat, berinteraksi dengan anggota organisasi lain dalam suasana yang menyenangkan atau menjalin hubungan persahabatan. Organisasi merupakan tempat yang didalamnya terdapat orang orang guna melakukan berbagai kegiatan sesuai dengan tujuan dari organisasi tersebut.

Selain mengetahui pengertian struktur organisasi dan fungsi struktur organisasi, agar anda lebih jelas dalam memahami hal tersebut. maka Organisasi bukan hanya mempunyai tujuan tetapi juga mempunyai manfaat dalam kehidupan yang bisa dirasakan oleh siapa saja yang mengikuti organisasi ini, salah satu manfaatnya adalah untuk membentuk mental individu yang berani dalam mengungkapkan pendapat di umum dan bisa melakukan kerjasama untuk memecahkan masalah

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: