Pengertian Statistik Secara Umum

Pengertian statistik adalah ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengelolaan, penyajian, dan analisis data termasuk cara pengambilan kesimpulan dengan memperhitungkan unsur ketidakpastian (uncertain) berdasarkan konsep probabilitas. Definisi lain statistik adalah kumpulan data dalam bentuk angka maupun bukan angka disusun dalam bentuk daftar (tabel) dan atau diagram.

Statistik dapat mempermudah kita dalam melakukan penelitian. Bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan tugas akhirnya pasti tidak asing dengan ilmu ini. Dalam ilmu statistik terdapat istilah-istilah seperti elemen, karakteristik, variable, populasi, sampel, sensus, sampling, sampling error, dan kesalahan sampling.

Statistik sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari khususnya di bidang ekonomi dan industri. Ilmu statistik sangat berguna dalam berbagai bidang, seperti industri manufaktur, farmasi, bisnis, pemasaran, dan lain sebagainya. Statistik ini digunakan untuk menarik kesimpulan berdasarkan data yang sudah ada dan membuat keputusan. Statistik dapat dibagi menjadi statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berikut adalah penjelasannya.

Pengertian Statistik Deskriptif dan Inferensial

Statistik deskriptif merupakan statistik yang digunakan untuk analisa data dengan cara menggambarkan atau mendeskripsikan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa ada tujuan membuat kesimpulan untuk generalisasi. Penyajian data pada statistik deskriptif bisa dalam bentuk table, grafik, diagram, modus, median, mean, dan lain-lain. Juga dapat dilakukan analisis korelasi antar variable, analisis regresi, atau membandingkan dua nilai rata-rata sampel / populasi.

Statistik inferensial yaitu statistik yang digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya diberlakukan untuk populasi. Statistik inferensial terbagi lagi menjadi dua, yaitu statistik parametrik dan statistik non parametrik. Statistik parametrik membutuhkan banyak pemenuhan asumsi. Asumsi awal yang harus dipenuhi ialah sampel diambil secara acak dari populasi untuk perwakilan dari keseluruhan populasi.

Asumsi lain juga diperlukan mengikuti alat analisis yang digunakan. Bila yang digunakan analisis regresi, maka asumsi data harus memenuhi asumsi analisis regresi. Metode yang digunakan dalam statistik inferensial ialah T-test, Anova, Anacova, analisis regresi, analisis jalur, Structural Equation Modelling (SEM), dan metode lainnya tergantung pada tujuan penelitian.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: