Pengertian Spreadsheet, Fungsi dan Software untuk Membukanya

Pengertian spreadsheet ialah dokumen yang menyimpan data dalam grid baris (rows) horisontal dan kolom (columns) vertikal. Pada baris, umumnya akan diberi lebel menggunakan nomor 1, 2, 3 dst, sementara pada kolom umumnya diberi lebel menggunakan huruf A, B, C dst. Lokasi baris atau kolom individu seperti C2 atau D15 biasa disebut dengan sel (cell). Dengan memasukkan data kedalam spreadsheet, informasi dapat disimpan dengan cara lebih terstruktur daripada menggunakan teks biasa. struktur pada baris atau kolom juga memungkinkan data yang akan dianalisis menggunakan formula.

Fungsi Spreadsheet

Dari ulasan tadi, spreadsheet mampu menyimpan informasi secara lengkap, dan setiap kolom dapat menyimpan aspek informasi yang berbeda dari informasi seseorang.

Misalnya saja orang dengan rekening tertentu dalam perusahaan tertentu, dapat menyimpan informasi lengkap seputar nama depan, belakang, alamat, nomor telephone, makanan favorit, dll. program dan fungsi spreadsheet ini memang dibuat untuk menganalisis sebuah data secara detail, terperinci dan cepat.

Contohnya saja menganalisis daftar orang yang makanan favoritnya sate, menghitung jumlah orang yang tinggal dilokasi tertentu, atau melakukan perhitungan lainnya.

Banyaknya kelebihan ini membuatnya sering pula dikatakan mirip dengan database. Bedanya adalah spreasheet lebih ramping dibandingkan database, terutama berguna untuk nomor pengolahan. Dari fungsi inilah yang membuatnya biasa dipergunakan dalam aplikasi spreadsheet ilmiah dan keuangan.

Daftar Aplikasi Spreadsheet

Sebagian orang hampir diseluruh bagian dunia pasti mengenal spreadsheet ini pada Microsoft Excel saja, padahal kenyataannya banyak saingan dari excel itu sendiri. Semua mempunyai cara kerja dan fitur yang sama, namun karena penggunaan microsoft Excel ini seperti telah menjadi kebiasaan menjadi sulit dirubah. Dan semua orang kebanyakan menggunakan Excel. Dari pengertian spreadsheet terdapat beberapa daftar aplikasi sebagai berikut.

  1. Microsoft Excel (offline)
  2. Apache OpenOffice Calc (offline)
  3. LibreOffice Calc (offline)
  4. Google Sheets (offline & online)
  5. Zoho Sheets (offline)

Selesai sudah kupasan kita kali ini mengenai pengertian spreadsheet beserta fungsi dan aplikasinya. Program ini sangat bermanfaat dan berguna, tak heran bila banyak perusahaan, bank atau usaha lainnya menggunakan program ini sebagai pempercepat urusan mereka dalam bekerja.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Spreadsheet, Fungsi dan Software untuk Membukanya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: