Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli

Pengertian sosialisasi secara umum adalah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Menurut Soerjono Soekanto, sosialisasi adalah proses sosial dimana keuntungan membentuk sikap individu untuk berperilaku sesuai dengan perilaku orang-orang di sekelilingnya. Sedangkan menurut sosiolog luar, Peter L. Berger, sosialisasi berarti proses pada anak-anak yang sedang belajar untuk menjadi anggota masyarakat. Menurut kamus Bahasa Indonesia, sosialisasi merupakan suatu proses belajar anggota masyarakat untuk mengenal dan menghargai budaya orang-orang di lingkungan mereka.

Proses Sosialisasi Menurut George Herbert

Menurut George Herbert Mead, sosialisasi memiliki tahapan atau proses sebagai berikut: tahap persiapan, tahap meniru, tahap siap bertindak, dan tahap penerimaan norma kolektif. Tahap pertama adalah persiapan (preparatory stage) dimulai sejak manusia dilahirkan. Anak-anak mulai memasuki fase meniru meski tidak sempurna dan mencari pemahaman tentang jati dirinya.

Tahap yang kedua adalah tahap meniru (play stage). Pada tahap ini ditandai dengan semakin sempurnanya anak-anak dalam meniru peran orang di sekitarnya. Anak mulai mengetahui nama dirinya, ibu, ayah, kakak, dan juga peran-peran mereka.

Yang ketiga adalah tahap siap bertindak (game stage). Pada tahap ini proses meniru sudah mulai berkurang dan mulai melakukan perannya sendiri sesuai dengan kesadarannya. Terakhir, tahap penerimaan norma kolektif. Pada tahap penerimaan norma kolektif (generalized stage / generalized other), manusia sudah dianggap dewasa dan mampu menempatkan dirinya di dalam masyarakat. Seorang manusia dewasa yang menyadari pentingnya peraturan kolektif dalam masyarakat dan bisa bekerja sama di dalamnya.

Tujuan Penting Sosialisasi Bagi Manusia

Dari tahapan dan definisi sosialisasi di atas, dapat diketahui tujuan sosialisasi yang sangat penting bagi tiap individu, yaitu memberikan keterampilan bagi seseorang untuk hidup bermasyarakat, mengembangkan kemampuan seseorang untuk dapat berkomunikasi secara efektif, mengetahui kebiasaan, nilai, norma dalam suatu kelompok atau masyarakat, dan menanamkan nilai atau keyakinan bahwa manusia memiliki peran dan tugas di dalam masyarakat. Dari penjelasan tentang pengertian sosialisasi di atas, dapat diketahui bahwa sosialisasi itu sangat penting bagi tiap individu untuk bermasyarakat.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: