Pengertian Sketsa, Teknik Dan Jenisnya

Pengertian sketsa adalah gambaran ringan dan kasar dari sebuah karya lukis. Sketsa bisa dibilang sebagai kerangka dari sebuah hasil karya lukisan. Ketika membuat sebuah gambar, banyak pelukis yang membuat sketsanya terlebih dahulu. Sketsa seperti karya dasar. Ketika menggambar denah rumah, pun bisa membuat sketsa terlebih dahulu. Sketsa dibagi menjadi dua. Ada sketsa untuk seni rupa murni dan sketsa untuk seni rupa terapan. Perbedaan ini dibedakan dari kegunaannya.

Teknik Pembuatan Sketsa

Ada banyak sekali teknik yang bisa digunakan untuk membuat sketsa. Jika dijelaskan satu persatu tentunya akan panjang sekali. Tiga teknik yang sering digunakan adalah teknik arsir, teknik dussel dan teknik pointilis. Teknik arsir berarti anda menggambar dengan garis murni saja. Seperti mengarsir gambar. Untuk teknik dussel berarti anda menggambar dengan garis yang lebih halus dan samar-samar. Teknik yang ketiga adalah teknik pointilis.

Teknik ini lebih mengutamakan gabungan titik dari sebuah bentuk yang akan menghasilkan gambar gelap terang. Ada banyak orang yang menggabungkan tiga teknik ini menjadi satu untuk menggambar sebuah sketsa.

Jenis Sketsa

Dari pengertian sketsa, bisa disimpulkan bahwa jenis sketsa ada banyak sekali. Dari jenis penggarapannya, sketsa dibagi menjadi tiga, jenis sketsa yang berdasarkan gambar garis yang besar. Jadi garisnya dibentuk dengan sederhana tanpa rincian dan memiliki kesan tidak selesai. Lalu ada yang namanya jenis sketsa cepat.

Seperti membuatnya proses pembuatan yang cepat, hanya mengfokuskan pada titik tertentu dan seolah sketsa yang sudah jadi. Jenis yang ketiga berdasarkan studi itranya. Yang berupa coretan saja dan kurang terperinci.

Dalam sebuah sketsa, harus mengandung empat unsur. Ada garis, warna, bidang bentuk dan gelap terang. Dalam membuat sebuah sketsa, harus memenuhi keempat unsur tersebut. Sehingga menghasilkan gambar yang bagus. Sebagian besar sketsa tidak berwarna, hanya berunsur hitam putih saja. Sekian artikel tentang pengertian sketsa, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: