Pengertian Sistematis Secara Umum

Pengertian sistematis adalah segala bentuk usaha untuk menguraikan atau menjabarkan sesuatu dalam hubungan yang teratur dan juga logis sehingga membentuk suatu system yang menyeluruh, utuh dan juga terpadu yang bisa menjelaskan rangkaian sebab dan akibat yang berkaitan dengan object tertentu. Pengertian dari sistematis dalam metode ilmiah berarti suatu proses yang digunakan dalam suatu penelitian dengan menggunakan cara atau langkah yang logis.

Setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda beda dalam menghadapi suatu masalah. Berfikiran yang sistematis adalah suatu cara yang sangat baik untuk dilakukan karena bisa memberikan hasil yang bagus juga.

Pemikiran yang tidak sistematis juga bisa berdampak yang kurang baik pada hasil kerja. Oleh karena itu berfikir secara sitematis bisa menjadi hal yang sangat diperlukan. Pengertian sistematis bisa menjadi dasar yang baik agar seseorang bisa belajar untuk melakukan segala sesuatu dengan lebih teratur.

Contoh dari sikap yang sistematis

Berikut ini adalah contoh dari sikap sistematis yang sering terjadi di sebuah lingkungan. Contohnya adalah dalam suatu kondisi yang genting seseorang yang mudah panik akan cenderung melakukan hal yang sia-sia dengan kepanikannya. Namun bagi orang yang sistematis, ketenangan adalah hal yang diutamakan. Dalam kondisi tenang,seseorang bisa melakukan hal atau menjalankan rencana dengan baik sehingga memberikan hasil yang baik juga. Contoh dari pengertian sistematis ini memang sangat baik untuk di terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tindakan yang sistematis muncul dari pikiran yang sistematis pula. Dengan singkatnya, pengertian sistematis adalah sesuatu yang diuraikan dan dirumuskan secara teratur dan logis sehingga membentuk suatu system yang utuh dan terpadu dan menyeluruh sehingga dapat dijelaskan rangkai sebab dan juga akibat. Pengertian ini adalah pengertian sistematis secara umum yang apabila di aplikasikan akan memiliki arti yang berbeda namun pada konsep yang sama.

Sikap atau pemikiran yang sitematis tentu tidak muncul tanpa adanya factor. Beberapa factor yang bisa mempengaruhi pemikiran dan perilaku sistematis adalah seperti karakter, pendidikan, lingkungan, pengalaman dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda bisa mempelajari cara berpikir sistematis dari beberapa factor tersebut.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: