Pengertian Sistem, Elemen dan Jenis-Jenisnya

Pengertian sistem ini bisa didefinisikan sebagai kesatuan yang terdiri atas elemen atau komponen yang dihubungkan secara bersama sehingga dapat memudahkan dalam penyaluran informasi, materi ataupun energy untuk suatu tujuan tertentu. Secara bahasa, sistem merupakan istilah yang berasal dari bahasa Latin dan bahasa Yunani yaitu syst ē ma dan sust ē ma. Sistem juga bisa didefinisikan sebagai kesatuan komponen atau bagian dalam suatu wilayah yang saling berkaitan dan memiliki beberapa item penggerak, contohnya Negara.

Istilah sistem sendiri pada dasarnya memiliki makna yang cukup beragam karena istilah ini banyak sekali dipakai dalam berbagai bidang dan hal. Dan definisi sistem yang paling umum adalah kumpulan benda yang saling terkait dan terhubung.

Elemen Sistem dan Dalam Sistem

Pada dasarnya dalam pengertian system, sebuah system itu terbentuk dari beberapa elemen dan selalu terdiri dari 4 elemen. Elemen-elemen yang membentuk system sendiri diantaranya adalah tujuan yang merupakan pemotivasi sekaligus pengarah sebuah system.

Kemudian elemen yang kedua adalah masukan atau input yang menjadi bahan untuk kemudian diproses. Masukan ini bisa berupa masukan berwujud dan masukan tak berwujud. Selain itu, elemen-elemen pembentuk system yang lainnya adalah proses, keluaran atau output, batas, mekanisme pengendalian dan juga umpan balik, dan yang terakhir adalah lingkungan.

Sementara untuk 4 elemen dalam system sendiri diantaranya adalah objek yang bisa berupa elemen, bagian ataupun variable.

Kemudian elemen yang kedua adalah atribut yang menjadi penentu kualitas atau sifat dari kepemilikan system dan juga objeknya. Lalu elemen yang ketiga adalah hubungan internal antara objek-objek yang ada di dalamnya. Dan yang terakhir adalah lingkungan yaitu tempat system berada.

Jenis-Jenis Sistem

System memiliki beberapa jenis atau tipe berbeda berdasarkan kategorinya yaitu berdasarkan keterbukaan dan komponen.

Berdasarkan keterbukaan, system terbagi atas system terbuka dan system tertutup. Sedangkan berdasarkan komponen, system terbagi atas system fisik dan system non fisik. Demikian ulasan mengenai pengertian system, elemen-elemen dan juga jenis-jenis system. Semoga dapat bermanfaat.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: