Pengertian Sistem Pemerintahan dan Bentuknya di Dunia

Pengertian sistem pemerintahan merupakan suatu tatanan utuh yang terdiri dari berbagai macam komponen pemerintahan yang bekerja dan saling ketergantungan serta berpengaruh dalam pencapaian tujuan dan fungsi pemerintahan. Menurut Moh. Mahfud MD, sistem pemerintahan negara adalah suatu mekanisme kerja dan koordinasi atau hubungan antara ketiga cabang kekuasaan, yaitu legislatif, eksekutif, dan yudikatif.

Sistem pemerintahan pada dasarnya merupakan gabungan dari dua kata, yaitu sistem dan pemerintahan. Sistem dapat berarti keseluruhan yang terdiri atas beberapa macam bagian yang berhubungan fungsional baik antara bagian-bagian maupun secara keseluruhan. Sedangkan pemerintahan dalam arti luas meliputi segala urusan yang dilakukan oleh negara dalam menyelenggarakan kesejahteraan rakyat dan kepentingan negara itu sendiri.

BENTUK-BENTUK NEGARA yang Ada di Dunia

Pengertian sistem pemerintahan berhubungan erat dengan bentuk negara. Bentuk negara yang dikenal sampai saat ini berbentuk negara kesatuan (unitaris) dan negara serikat (federasi).

  1. Negara kesatuan, merupakan suatu negara yang bersusun tunggal dan kekuasaan untuk mengurus seluruh pemerintahan terletak di tangan pemerintah pusat. Ciri-ciri negara ini adalah hanya memiliki satu konstitusi, memiliki satu badan eksekutif, satu badan legislatif, dan satu badan yudikatif, wilayahnya terbagi atas daerah-daerah, dan pemerintahannya mempunyai kedaulatan ke dalam dan ke luar.
  2. Negara serikat, merupakan suatu negara yang tersusun jamak yang terdiri atas beberapa negara bagian yang tidak berdaulat dan kedaulatan hanya ada di tangan pemerintah negara federal. Ciri-cirinya adalah dapat memiliki lebih dari satu konstitusi, komponen negara juga lebih dari satu, wilayahnya terdiri dari negara-negara bagian, serta pemerintahan federalnya mempunyai kedaulatan ke luar dan pemerintahan negara bagian mempunyai kedaulatan ke dalam.

BENTUK-BENTUK PEMERINTAHAN di DUNIA

Berbicara tentang bentuk negara, tentunya tidak terlepas juga dengan bentuk pemerintahan yang bertugas melaksanakan kehidupan bernegara atau pemegang wewenang tanggung jawab atas negara. Menurut Plato, bentuk pemerintahan menurut sifatnya ada 5, yaitu :

  1. Aristokrasi adalah pemerintahan oleh para aristokrat (bangsawan).
  2. Timokrasi adalah pemerintahan oleh orang-orang yang ingin mencapai kemasyhuran.
  3. Oligarki adalah pemerintahan oleh golongan hartawan untuk kepentingan golongannya sendiri.
  4. Demokrasi adalah pemerintahan oleh rakyat pada umumnya.
  5. Tirani adalah pemerintahan oleh penguasa atau raja yang sewenang-wenang.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: