Pengertian Sinopsis Dan Contohnya

Pengertian sinopsis berarti ringkasan. Sinopsis berasal dari kata synopical yang artinya ringkas. Jadi secara umum sinopsis merupakan ringkasan atau garis besar dari sebuah cerita panjang atau naskah. Ketika kita membaca sebuah cerita, entah itu non fisik atau fisik pasti akan membaca sinopsisnya terlebih dahulu. Sinopsis harus mencakup semua hal tentang hasil karya tersebut. Jadi satu cerita yang panjang, di ringkas menjadi beberapa paragarf saja.

Fungsi Sinopsis

Sinopsis memiliki fungsi yang banyak sekali. Fungsi yang paling utama untuk menggambarkan atau menjelaskan sebuah naskah atau cerita secara singkat dan ringkas. Sinopsisnya juga digunakan untuk prolog maupun epilog dari sebuah pementasan drama. Sinopsis menggambarkan secara eksplisit dari sebuah cerita. Bahkan digunakan sebagai pedoman dari para pemain untuk lebih mudah berimpovisasi. Sinopsis seperti memudahkan kita dalam memahami sebuah cerita atau naskah. Di setiap cerita pasti memakai sinopsis. Entah itu berbentuk buku, film atau pementasan.

Jenis Sinopsis

Untuk memahami pengertian sinopsis, anda juga harus memahami apa saja jenis dari sinopsis itu sendiri. Sinopsis dibagi menjadi tiga bagian. Ada sinopsis fiksi, sinopsis non fiksi dan sinopsis esai. Setiap jenis sinopsis memiliki metode pembuatan yang berbeda. Sinopsis fisik tentunya digunakan untuk membuat cerita singkat dari sebuah cerita fisik. Sedangkan non fisik digunakan untuk sinopsis singkat dari cerita non fisik. Biasanya ditulis di sebuah novel. Sinopsisnya pun dibuat agak menggantung, supaya tidak tahu endingnya.

Sedangkan sinopsis esai, lebih menceritakan isi singkat dari artikel akademik yang dibuat. Misalnya pada skripsi, ditulis sebuah sinopsis singkat. Dari hasil skripsi, metode yang digunakan dan lainnya. Semua hasilnya harus ditulis sesingkat mungkin dan tidak boleh bertele-tele. Sinopsis maksimal dibuat satu halaman. Pada saat menulisnya pun harus memakai alur yang jelas, gaya bahasa yang persuasive, konflik dan penyelesaian masalah ditulis dengan singkat dan membuat penasaran bagi para pembaca. Itulah sedikit informasi yang bisa kami jelaskan tentang pengertian sinopsis dan contohnya. Semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Sinopsis Dan Contohnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: